Raihan luar biasa berhasil dibukukan tim Mercedes-AMG Petronas di ajang balap Formula 1 seri Cina yang digelar Minggu (12/4) silam. Kedua pebalap andalannya, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg mampu masuk finish di posisi satu-dua di balap yang berlangsung di Shanghai International Circuit.

Ini merupakan kemenangan Lewis Hamilto yang kedua di GP Cina dan yang ke 35 kalinya selama karirnya di Formula 1. Tidak hanya itu. Hasil ini juga menandai keberhasilan Mercedes AMG Petronas meraih Grand Chelem alias sukses di pole, juara seri, lap tercepat dan memimpin di depan mulai dari bendera start dikibarkan hingga bendera finish melambai.

Sementara bagi rekan setim Hamilton, Nico Rosberg, kesuksesan ini membuat dirinya mampu meraih empat kali podium GP Cina, dan 29 kali menjadi runner up sepanjang karirnya.

“Saya sangat gembira. Ini merupakan balapan yang hebat berkat kinerja baik yang ditunjukkan oleh seluruh anggota tim. Tujuan saya kali ini adalah membalap sebaik mungkin dan mengatur pemakaian ban. Sangat menyenangkan bisa kembali menang di Cina, di depan seluruh fans. Dukungan mereka telah menjadikan akhir pekan ini sangat luar biasa. Xiexie,” grirang Hamilton.

Sependapat dengan rekannya, Nico Rosberg menambahkan, “Bisa mengalahkan Ferrari merupakan sebuah kebanggaan. Apalagi seluruh tim telah bekerja keras sejak di Malaysia. Walau begitu, saya cukup frustasi. Karena di babak kualifikasi waktu saya terpaut cukup jauh disbanding Lewis (Hamilton). Dia bisa mengatur penggunaan ban di tengah balap dan menempatkan saya sangat dekat dengan Vettel di belakang.”

Seri Formula 1 berikutnya akan digelar di sirkuit sepanjang 5,142 km, Bahrain International Circuit pada 19 April mendatang.