Kalau biasanya The Big Three asal Jerman bersaing di jagad otomotif, kali ini mereka bersatu untuk bisa memiliki layanan navigasi Nokia Here Maps. Menurut laporan Wall Street Journal, tak lama lagi Mercedes-Benz, Audi, dan BMW akan mengajukan tawaran resmi kepada Nokia.

Langkah ini dilakukan ketiga produsen mobil mewah asal Jerman untuk mengantisipasi dominasi perusahaan digital menguasai teknologi inti self-driving car. Sebelumnya Facebook, Apple, dan Uber adalah tiga perusahaan yang juga dikabarkan kepincut membeli Here Maps. Nokia memutuskan melego Here Maps setelah 15 April 2015 lalu mengumumkan proyek anyarnya bersama Alcatel Lucent.

Sebelumnya Mercedes-Benz, Audi, BMW, bahkan Volkswagen Group telah bekerjasama dengan Nokia untuk keberadaan fitur navigasi di beberapa model terbarunya. Tidak hanya  pada mobil Jerman, Here Maps juga tersemat pada produk Ford, GM, Honda, Jaguar Land Rover, dan Nissan/Renault.

Seperti dilansir Wall Street Journal, Mercedes-Benz, Audi, dan BMW khawatir Google berhasil mendapatkan Maps Here kemudian menyatukan dengan Google Maps. Ancaman selanjutnya, Google berhasil dengan self-driving car miliknya dan membuatnya gratis untuk semua orang.