Menurut informasi yang tersiar melalui situs resmi Daimler, Mercedes-Benz rencananya akan meluncurkan generasi terbaru E-Class hari ini, Senin, 11 Januari 2016 di pameran otomotif North American International Auto Show (NAIAS) 2016. Kabar mengenai peluncuran itu pun dibarengi dengan spesifikasi resmi serta foto-foto yang menampilkan eksterior saloon kelas-bisnis tersebut.

Spesifikasi yang dirilis memastikan bahwa Mercedes-Benz E-Class 2017 akan tersedia dalam dua tipe, yaitu E 200 dengan mesin bensin 4-silinder dan E 220 d, tipe yang menggunakan mesin disel 4-silinder all-new. Pilihan tipe bermesin plug-in-hybrid dengan nama E 350 e akan hadir belakangan. Varian lain yang juga akan hadir adalah E 400 4MATIC. Semua model yang tersedia dilengkapi dengan sistem transmisi otomatis 9G-TRONIC sembilan-kecepatan.

Sedangkan di bagian ekstriornya, Mercedes-Benz E-Class 2017 mengalami penambahan panjang wheelbase 65 mm. Secara keseluruhan, bodinya membawa gaya desain mobil-mobil coupé yang terciri melalui garis atap melandai di bagian belakang. Model standar dan Exclusive E-Class dilengkapi grille klasik Mercedes-Benz dengen logo “Three Pointed Star” di kap mesin. Sedangkan untuk jajaran AMG dan Avantgrade menggunakan grille sports.

Mengenai peluncuran mobil baru ini, Thomas Weber, figur yang bertanggung jawab terhadap Group Research and Mercedes-Benz Cars Development mengatakan, “E-Class merupakan inti dari brand Mercedes-Benz dan sejak dulu telah mendefinisikan ulang standar segmen kelas-bisnis. E-Class yang baru mengambil langkah besar melalui pengendaraan otonom secara penuh.”

Kecanggihan tersebut dihadirkan oleh fitur Driver Pilot yang merupakan bagian dari paket Driver Assistance. Fitur ini tidak hanya mampu membuat mobil menjaga jarak ideal dengan kendaraan yang berada di depan secara otomatis tapi juga bisa mengikutinya hingga kecepatan 210 km perjam. Hal ini diklaim bisa memanjakan pengemudi karena tidak perlu lagi mengatur kecepatan dalam kondisi berkendara normal.