Terlahir sebagai kendaraan 4×4 yang serbaguna, Unimog sebenarnya bukanlah sebuah nama yang mandiri. Nama tersebut diperoleh dari singkatan Universal Motor Gerat dimana Gerat berarti mesin dalam kosa kata Jerman.

mercedes benz_Unimog-1

Bila ditilik lebih lanjut, kendaraan yang kembali melejit namanya karena digunakan sebagai kendaraan sehari-hari oleh Arnold Schwarzenneger ini sebenarnya hanyalah sebutan untuk sasis dasarnya. Rangkanya yang berbentuk tangga atau kerap disebut ladder frame sangat optimal untuk dipakai dalam medan yang keras dan bebatuan dan sanggup melahap tebing-tebing yang curam.

Mercedes Benz Unimog 3

Dan layaknya Land Rover yang lahir di Inggris atas dasar kebutuhan kendaraan multifungsi, Unimog pertama kali dikembangkan usai perang dunia kedua oleh Jerman, tepatnya dibawah asuhan merek Mercedes-benz. Tujuan sederhana, mengakomodir segi pertanian dimana kendaraan tersebut dapat melakukan tugas layaknya traktor, pembersih salju maupun untuk mengangkut panen dan kapabilitasnya tetap dapat berfungsi ekstra untuk dipakai keluarga beribadah di hari Minggu.

Mercedes Benz Unimog

Banyak orang yang sempat mengira bila Unimog di era modern telah punah. Sebuah perkiraan yang salah besar, pasalnya Unimog modern kini malah semakin garang dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru layaknya kendaraan perang. Alasan gaungnya tidak lagi terdengar adalah karena Mercedes menjualnya secara eksklusif untuk tim reli Paris-Dakar ataupun perusahaan penyedia layanan jasa penyelamatan gawat darurat.

Mercedes Benz Unimog 1

Reli Paris-Dakar? Ya, secara tidak langsung mereka telah memenangkan kelas truk di beberapa kali pertandingan era 80’an karena ketangguhannya melahap padang pasir dan gurun luas. Sejatinya mereka di sana hanya bertugas sebagai pendukung kelas mobil dan motor ataupun tim medis. Tapi ya siapa sangka? Unimog masih hidup sampai sekarang dan tetap hadir di seri 2015.