Cuaca yang tidak menentu memang terkadang menjadi kendala dalam suatu kegiatan outdoor terlebih takala hujan deras mengguyur. Sudah barang tentu akan menghambat jalannya suatu event. Namun itu tidak berlaku dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Time Rally 2016 putaran ketiga. Meskipun diguyur hujan lebat hingga membuat lintasan tergenang air, tidak menjadikan event yang berlangsung Balikpapan, Kalimantan Timur (1-2/10) tersebut terhambat. Kondisi tersebut justru menjadikan para peserta kian tertantang.

Sebanyak 68 peserta tampil impresif di berbagai kelas yang digelar, antara lain Umum, Seeded B, Pemula hingga kelas yang diperuntukan bagi para pereli wanita. Mereka dituntut untuk melahap lintasan dengan total 181 km dan harus melalui tiga trayek berbeda dengan masing-masing berjarak 43 km, 61 km dan 77 km. Dengan demikian pertarungan antar pereli kian kompetitif.

Billy Putranda yang berduet dengan navigator Suryo Prihatmanto dan Suryo Putranto asal Jawa Timur berhasil menjadi kampium di kejuaraan Umum. Tidak ingin mengecewakan tampil di kandang sendiri, Lanang Wiweka bersama dua navigatornya Adhy Surya dan Dani Faisal berhasil menempati podium kedua. Sementara di podium ketiga kembali ditempati peserta asal Jawa Timur yakni Rizky Eka A dengan navigatornya Tegar A dan Rachmad J.

Di Kejuaraan Seeded B perjuangan Iwan S bersama dua navigatornya Bangun Marpaung dan Diana Novianti yang datang dari ibu kota tidak sia-sia dengan berhasil memuncaki podium tertinggi. Disusul peserta asal pulau Dewata, Fachri Jauzy dengan Detty Damayanti dan Tony S sebagai navigator di tempat kedua. Sedangkan podium ketiga berhasil ditempati peserta asal Kalimantan Timur, , Eko Nurhadi dengan navigator Dedi Novan dan Ibram S.

Maya Wulansari yang beraksi bersama dua navigaatornya yaitu Anisa dan Ratna Fitriani tampil memukau. Selain berlaga di kejuaraan Seeded B dan mampu menduduki peringkat keempat, Maya juga mampu menempati podium kedua di kejuaraan Wanita. Sedangkan puncak podium berhasil dimiliki Wenda Lussy JT dengan navigator Noor Awaliah dan Febby Sukmaraga. Sementara Emiliana dengan navigator Maya Roring dan Rayhana berdiri di podium ketiga.

Sementara puncak podium di kejuaraan Team berhasil dimiliki oleh Ijen Suites Makota Team, disusul Protech – RHU Team. Sementara Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jawa Timur yang mengirim Satrya Husada, Mario Handaziza, dan Gery Rosanto, sukses menempati posisi ketiga.

Pada Kejurnas Time Rally 2016 kali ini, selain dari genangan air akibat hujan lebat yang mengguyur, para peserta juga mendapat tantangan lain yang tak kalah merepotkan. Pasalnya mereka dihadapkan dengan rute perjalanan yang tersendat akibat kemacetan, yang jelas mempengaruhi torehan waktu. Namun hal tersebut tidak mengendurkan semangat serta antusiasme para peserta.