Microsoft-car-001

Microsoft telah membangun sebuah platform infotainment di dalam mobil untuk menghadapi gempuran Apple dengan Apple’s CarPlay tech dan Google automotive-optimized berbasis Android.

Konsep ini telah diperlihatkan beberapa waktu lalu bersamaan dengan berlangsungnya Microsoft’s Build conference. Saat itu, Direktur “Internet of Things”, Steve Teixeira mendemonstrasikan fungsi dasar seperti navigasi, media playback dan voice calls pada sebuah video. Platform ini berfungsi sebagai terusan dari “Metro” interface yang berbasis Windows Phone.

Hal ini membuat standar Mirrorlink pada mobil memungkinkan pengendara untuk berkomunikasi dengan Windows Phone tanpa mengeluarkan smartphone tersebut dari kantong. Namun, hingga saat ini Microsoft memerlukan ‘pihak ke-3’ untuk membangun aplikasi yang lebih optimal dan sesuai dengan standar sistem keamanan mobil.

“Aplikasi yang kami kembangkan akan membuat nyaman, dan aman saat mobil dalam keadaan safe-mode behavior dan safe drive-mode user-interface standards,” ungkapnya. Dirinya berujar jika konsep tersebut akan dites dengan simulator testing dan diuji di jalan raya.

Bagaimanapun juga, jika melihat saingan Microsoft kali ini, voice input bakal menjadi fitur yang paling penting. Pasalnya, Apple terlebih dahulu telah mengembangkannya lewat Apple’s Siri Technology. Sedangkan di Build conference minggu lalu, Microsoft mengedepankan interaksi touchscreen. Well, kita tunggu saja berita selanjutnya.