Pernah bermimpi jadi bos tim balap yang turun di ajang Formula 1? Jika pernah, berikut perkiraan biaya yang harus disiapkan.

Belum lama sebuah perusahan penerbitan di London, Racounteur merilis infografik yang menggambarkan pengeluaran rata-rata tim Formula 1 agar pebalapnya tetap bisa ngegas di ajang supremasi tertinggi balap mobil tersebut.

Menurut Raconteur, pengeluaran tahunan tim Formula 1 dibagi menjadi empat. Yang pertama, biaya riset dan pengembangan yang mencapai Rp 792 Miliar. Lalu untuk gaji kru serta pembalap Rp 800 Miliar. Kemudian biaya produksi sebesar Rp 753 Miliar. Dan terakhir ongkos operasional sebesar Rp 700 Miliar.

Nilai satu mobil Formula 1 sendiri mencapai Rp 117 Miliar. Belum termasuk komponennya seperti V6 Turbo Hybrid Power Unit seharga Rp 675 Miliar. Rangka carbon fiber Rp 19 Miliar. Dan transmisi seharga Rp 14 Miliar.

Tapi jangan khawatir karena setiap jengkal dari mobil itu sendiri menghasilakan uang. Pihak sponsor harus setor ke Anda sebesar Rp 324 Miliar untuk bisa nempel merek dagangannya di salah satu sisi mobil Anda. Bagaimana? Minat?

image: www.wikipedia.com