MINI Indonesia cetak sejarah baru dalam industri otomotif Tanah Air dengan merampungkan gelombang produksi pertama MINI Countryman rakitan lokal, Kamis (6/9). Dengan begitu, mobil ini siap dikirim ke tangan konsumennya masing-masing.

Sebelumnya, dalam GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 pada Agustus silam merek mobil asal Inggris tersebut memperkenalkan MINI Countryman yang dirakit di dalam negeri. Perakitannya mengambil tempat di fasilitas BMW Group Production Network 2, PT Gaya Motor yang berlokasi di kawasan Sungai Bambu, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Langkah ini dilakukan agar konsumen tak perlu menunggu lama mobil-mobil MINI yang dipesannya sekaligus menikmati harga yang lebih kompetitif.

“Langkah ini sekali lagi menyoroti komitmen MINI dalam menempatkan pelanggannya sebagai fokus dari strategi MINI. Di mana pelanggan MINI akan mendapatkan kendaraan berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif dan waktu pengiriman yang lebih cepat,” terang Ramesh Divyanathan, President Direstor BMW Group Indonesia.

Ada dua varian MINI Countryman yang lahir dari fasilitas ini, yaitu New MINI Cooper Countryman dan New MINI Cooper S Countryman Sports. Adapun, kedua mobil tersebut dilepas seharga Rp599 juta (off the road) dan Rp769 juta (off the road) untuk varian kedua.

“Investasi tambahan telah dilakukan bersama dengan mitra strategis kami, yaitu PT Gaya Motor dan PT Tjahya Sakti Motor untuk merakit New MINI Countryman di Indonesia. Selain itu inisiatif ini juga memungkinkan transfer teknologi yang memiliki dampak positif pada perkembangan industri otomotif di Indonesia,” tambah Ramesh.