Mitsubishi Eclipse Cross merupakan Crossover SUV (Sport Utility Vehicle) yang cukup populer di Jepang. Meski terbilang Eclipse Cross adalah model yang masih baru dirilis, sekira 2017 lalu, namun Mitsubishi Motors telah melakukan pembaruan besar pada Eclipse Cross menjelang penghujung 2020 ini.

Di Jepang, Mitsubishi Eclipse Cross model baru dinobatkan menjadi PHEV kedua untuk lini kendaraan Mitsubishi Motors, memperkuat dedikasi dan investasi MMC di teknologi PHEV. Versi baru Eclipse Cross juga membawa teknologi baru gabungan sistem 4WD motor ganda dari Outlander PHEV yang diklaim sebagai mobil PHEV terlaris di dunia saat ini.

Dikembangkan di bawah konsep desain “Daring Grace”, panjang bodi yang diperpanjang serta desain depan dan belakang yang dibenahi kembali menciptakan tampilan yang ramping dan berkelas dengan kedinamisan SUV yang ditingkatkan di bagian depan dan belakang.

Bagian depan mengadopsi versi Dynamic Shield yang telah berevolusi, yang mengekspresikan performa tangguh SUV dengan keamanan untuk melindungi penumpang. Tata letak pencahayan yang diberikan penyegaran melengkapi desain depan dengan tampilan yang tajam dan sporty. Skid plate di bagian bawah kedua bumper menambah kesan SUV yang bertenaga.

Bentuk elegan namun sporty berlanjut hingga ke belakang. Desainer telah memperbarui kaca depan ganda dari model sebelumnya menjadi kaca depan tunggal untuk gaya yang ramping dan bentuk yang anggun, pada saat yang sama memberikan visibilitas belakang yang lebih jelas.

Lampu belakang tiga dimensi Eclipse Cross yang ikonik ditempatkan pada posisi yang lebih tinggi untuk tampilan khas yang juga mudah dilihat di jalan. Panel bodi dan bumper tugas berat memproyeksikan ketegasan dan kekuatan, sementara dikombinasikan dengan desain segi enam yang mengingatkan pada ban serep yang dipasang di belakang untuk mengekspresikan ketangguhan dan handling di jalan raya dari sebuah SUV.

Eclipse Cross menggunakan sistem PHEV 4WD motor ganda yang dimodifikasi dari Outlander PHEV. Arsitekturnya terdiri dari satu motor listrik berdaya tinggi di depan dan satu belakang, baterai penggerak berkapasitas besar, dan mesin MIVEC 2,4 liter, yang memungkinkan akselerasi cepat, senyap, namun bertenaga unik untuk kendaraan listrik bersama dengan penanganan yang gesit namun stabil. Baterai penggeraknya 13,8 kWh dengan jangkauan serba listrik 57,3 km (Mode WLTC), memungkinkan pengemudian listrik murni untuk sebagian besar perjalanan sehari-hari.

Bodi dengan kekakuan tinggi dan suspensi depan dan belakang yang dioptimalkan membuat S-AWC (Super-All Wheel Control) semakin efektif, menghasilkan penanganan yang lebih baik yang sesuai dengan maksud pengemudi, dan pengendaraan yang lebih nyaman dan lebih tenang.

Stopkontak on-board AC 100 volt dengan daya maksimum 1.500 watt dapat memasok daya ke elektronik dan peralatan untuk rekreasi di luar ruangan dan sebagai sumber listrik yang andal dalam keadaan darurat. Kendaraan ini juga dapat berfungsi sebagai baterai isi ulang yang memberi daya pada seluruh rumah tangga dengan energi yang tersimpan dengan menghubungkan perangkat V2H ke port pengisian daya cepat. Karena kendaraan dapat menghasilkan tenaganya sendiri, kendaraan dapat memasok daya hingga 10 hari ke rumah tangga umum saat terisi penuh dan diisi bahan bakar.

Mitsubishi Motors telah memulai pre-order untuk Eclipse Cross baru dari pertengahan Oktober di Jepang, dan telah menggandakan target penjualan awal, mencapai sekitar 2.000 unit dalam enam minggu.