PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), authorized distributor dari Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC), memberikan pelatihan otomotif bagi 21 orang guru dari 11 SMK di Indonesia. Pelatihan ini dilaksanakan pada 16 – 26 April 2018 di Krama Yudha Tiga Berlian Motors Regional Training Center (KRTC) yang bertempat di Cikarang dan Kebumen.

SMK merupakan tenaga terampil tingkat menengah yang mempunyai peran penting dalam mengisi pembangunan industri dan ekonomi Indonesia. Agar lulusan SMK memiliki kemampuan dan keterampilan yang baik, dan siap memasuki dunia kerja, maka para siswa dan para guru SMK perlu diberikan pelatihan yang lebih mendalam agar mengetahui dan memahami perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Hal tersebut menjadi salah satu alasan, mengapa KTB memberikan perhatian khusus terhadap SMK, hingga akhirnya terbentuklah satu program CSR khusus yaitu Fuso Vocational Education Program. Program ini mempunyai beberapa sub program yang salah satunya adalah penyediaan pelatihan otomotif bagi para siswa dan guru SMK. Tahun ini KTB akan memberikan training kepada 21 orang guru dan 330 orang siswa.

Dalam pelatihan ini para guru mendapat pelatihan Fuso Service Technician Education Program (F-STEP) 1 plus, dimana ini merupakan training wajib bagi para mekanik Mitsubishi di dunia.  Materi yang diberikan yaitu: dasar-dasar mesin, chassis, electrical, engine tune up, PDI, free service dan perawatan berkala. Dalam training ini juga di bekali cara membaca dan menggunakan workshop manual, prosedur pembongkaran & perakitan engine, transmisi, differential, pengukuran engine, K3 & housekeeping, serta fungsi dan penggunaan equipment dan measurement tools.

Para guru ini berasal dari 11 SMK di Indonesia yaitu SMK Mandiri Medan, SMK PGRI 2 Palembang, SMK Muhammadiyah 2 Metro Lampung, SMKN 1 Jakarta, SMKN 55 Jakarta, SMK Bina Karya Mandiri 2 Bekasi, SMK Assalam Bandung, SMKN 5 Surakarta, SMKN 1 Singosari, SMK Bakti Bangsa Banjarbaru, SMK Darussalam Makassar.

Fahrurozi, Head of Service Training Department KTB dalam acara penutupan training ini menyampaikan bahwa program ini merupakan salah satu wujud komitmen KTB untuk terus memberikan kontribusi bagi masyarakat Indonesia, seperti tertuang dalam salah satu Prinsip KTB, yaitu “Indahnya Berbagi” dan sejalan dengan kegiatan CSR KTB yang fokus pada dunia pendidikan.

KTB, sejak tahun 2014 melalui program ini telah memberikan bantuan berupa 29 kendaraan praktek dan pelatihan otomotif kepada 40 orang guru dan + 1.080 siswa SMK di Indonesia.

Melalui pelatihan ini, diharapkan para guru akan mampu dan terampil memainkan perannya dihadapan para peserta didik, sehingga mutu pendidikan akan menjadi lebih baik dan para siswa akan mendapat bekal ilmu dan keterampilan yang memadai untuk memasuki dunia kerja.