Mitsubishi Mirage (10)

Tampil layaknya gadis sederhana di ingar bingarnya ajang pameran kendaraan terbesar di Indonesia (IIMS) tahun 2012. Mistubishi Mirage ternyata cukup menyita perhatian.  Kehadirannya memang dianggap pas kala semua orang membutuhkan small car dari brand mapan. Mungkin kalau kita bicara KIA Picanto, Suzuki Splash memang bukan lawannya.  Rival paling relevan memang hanya Honda Brio yang notabene menjadi lawan tandingnya.

Jujur, awal melihat mobil ini dua tahun lalu. Kami melihat desain ekterior agak sedikit old fashioned alias agak jadul. Utamanya di bagian lampu belakang yang serasa ketinggalan lima tahun dari lawan-lawannya. Apalagi bagian grille depan yang menurut kami terlalu polos juga layaknya mobil lansiran awal tahun 2000an.

Mitsubishi Mirage (1)

Tapi buat sebagian orang, kesederhanaan wajah malah menjadi daya pikat tersendiri. Ada beberapa mobil yang didesain dengan amat canggih dan bentuk spektakuler malah membuat kita bingung cara menikmatinya.

Tapi brand Mitsubishi memang sudah melegenda sebagai produsen mobil cepat dan teruji di ajang motorsport. Dan Mirage juga adalah produk yang sudah menyebar tidak hanya untuk pasar Asia saja namun mobil ini sudah merambah ke Eropa dan Amerika dan global. Mengusung tema Global Small Concept, mirage meiliki banyak keunggulan di balik kesederhanaannya.

Mitsubishi Mirage (4)

Clue pertama adalah dengan adanya Eco Indicator Lamp yang memberikan informasi bahwa kendaraan dalam kondisi eco mode yang hemat bahan bakar. Inilah yang membuat semua kampanye yang dilakukannya di sejumlah media massa selalu mengedepankan isu konsumsi bahan bakar paling hemat.

Hemat? Ya kami rasakan sendiri bahwa Mirage memang sangat hemat dibanding mobil-mobil lain yang mengaku paling hemat di kelasnya. Mesin 1.200 cc dengan 3 silinder MIVEC dipadu transmisi automatic CVT  ini sanggup mengeluarkan output tenaga sebesar 78 PS.

IMG_5687_resize

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku APM (agen pemegang merek) Mirage untuk pasar Indonesia menjajakan unit yang  saat ini dirakit oleh Mitsubishi di Thailand dengan tiga varian tipe: GLX M/T Rp 139 juta , GLS A/T Rp 152 juta dan Exceed Rp 165 juta . Nah tipe tertinggi inilah yang kami uji.

Well, bagi kami, Mirage seperti item yang luput dari pilihan konsumen. Kehadirannya seperti tertelan Brio, March maupun LCGC sekelas Agya-Ayla yang bagai menghimpitnya.

Mitsubishi Mirage (6)

Tapi kami yang telah mencobanya beberapa waktu lalu mendapatkan hal yang cukup spesial. Yes, kami anggap mobil ini paling enak untuk melakukan gerakan slalom atau bisa saja drifting. Kami rasakan bobot ringannya dan gelala mengayun di bodi belakangnya akan cukup mengakomodasi keinginan kita untuk melakukan slalom. FYI: ada sebuah rencana dari Subhan Aksa sang pereli nasional yang ingin mencoba memainkan kelas baru 1200cc di ajang reli tanah air. Yang menurutnya bisa jadi akan memacu pemain baru untuk terjun ke dunia reli dengan dana yang lebih terjangkau.

Mitsubishi Mirage (2)

So, apa yang kami maksud dengan “kurang kumis” adalah: bagian grille U shape yang tampak old school ini kami anggap akan lebih menarik bila didesain dengan gaya single frame ala Mitsubishi Outlander maupun Evolution X. Caranya? Cukup tempelkan stiker hitam seperti apa yang sudah kita lakukan. Cheers..