Kreasi otomotif hasil tangan dingin anak bangsa akan bersanding di ajang berskala internasional. Mendapat dukungan dari PT Pertamina Lubricants, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melalui Team SAPU ANGIN (SA) baru-baru ini meluncurkan mobil balap Formula Sapuangin Speed 6.

Mobil balap Formula “Sapuangin Speed 6” tersebut akan dilombakan dalam ajang “Student Formula Japan 2018” yang akan diselenggarakan di Ecopa Stadium, Shizuoka Prefecture, Japan pada 4-8 September 2018 mendatang.

Student Formula Japan (SFJ) sendiri merupakan event tahunan yang diadakan oleh JSAE (Japan Society of Automotive Engineering). Tidak hanya di Jepang (Asia), Student Formula juga diadakan di beberapa benua lain yaitu Australia, Eropa, dan Amerika.

Launching mobil balap Formula “Sapuangin Speed 6” pada Minggu (26/08) di Surabaya Town Square (Sutos) dihadiri langsung oleh Sales Region Manager V Jatim Balinus PT Pertamina Lubricants Budi Suharyanto, Mantan Menteri Pendidikan Nasional sekaligus Ketua Yarsis Prof. KH. Mohammad Nuh, DEA. dan Wakil Rektor I ITS, Prof.Dr.Ir. Heru Setyawan M.Eng.

Budi Suharyanto menyampaikan bahwa, sebagai produsen pelumas dengan kualitas terbaik karya anak bangsa PT Pertamina Lubricants senantiasa mendukung kegiatan yang membuktikan prestasi Indonesia di kancah internasional.

“Kami hadir sebagai bentuk dari dukungan serta apreasiasi terhadap prestasi anak bangsa. Tentunya kami bangga bisa menjadi bagian dari inovasi dan kreatifitas generasi penerus negeri ini, untuk mengharumkan nama Indonesia,” ungkapnya.

“Hal ini selaras dengan visi perusahaan untuk menjadi perusahaan pelumas kelas dunia. Saat ini Pertamina Lubricants agresif memasuki pasar overseas dimana sudah memasuki lebih dari 14 negara yang didukung fasilitas produksi di dalam dan luar negeri,” lanjutnya.

“Team Sapuangin sendiri fokus untuk menciptakan dua jenis mobil, yaitu mobil hemat energi dan mobil formula. Mobil formula yang karya ITS Team Sapuangin ini sudah mencapai generasi ke-6,” tutur Wakil Rektor I ITS, Prof. Heru Setyawan

Pencapaian Sapuangin sendiri sudah terbilang bagus di mata dunia, terutama dalam ajang Student Formula Japan yang diikuti. Terbukti dari prestasi-prestasi yang diraih seperti menjadi Best Rookie Award, atau sebagai pendatang pertama terbaik di tahun 2013, serta peringkat Sapuangin yang menunjukkan peningkatan prestasi selama keikutsertaannya.

Selain dari ITS, tercatat terdapat beberapa universitas lain yang juga akan berlaga di kompetisi tersebut, yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Islam Indonesia (UII) dan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS).