Persiapan tim yang akan beraksi di Dakar Rally 2016 terlihat makin mantap. Tim Peugeot Total dengan pembalap andalanya Sébastien Loeb, Stéphane Peterhansel, Cyril Despres, serta Carlos Sainz mengumumkan secara resmi mobil yang akan digunakan pada ajang reli bergengsi tersebut.

Mobil baru itu, Peugeot 2008 DKR16 akan jadi tunggangan Loeb cs sejak reli pembuka, 2 Januari 2016 di Buenos Aires, Argentina. Dalam siaran persnya, Peugeot mengaku telah melakukan pengembangan sehingga menghasilkan 2008 DKR yang lebih lebar, cepat, pendek, dan bertenaga.

Walau sekujur bodinya berbalut kelir khas sponsor, bagian atap dibuat warna silver. Hal ini merupakan upaya untuk menangkal sengatan matahari di Argentina yang bisa menghasilkan suhu sampai 50 derajat selsius.

Perubahan dimensi mobil reli yang menggunakan basis Peugeot 2008 versi jalanan itu mengakibatkan pergesaran distribusi berat. Namun, ke arah yang menguntungkan. Dicontohkan, posisi ban cadangan yang kini berada di sidepod menjadikan centre of gravity lebih rendah yang artinya pengendalian lebih baik.

Pihak tim optimistis Peugeot 2008 DKR terbaru akan mampu mengantarnya sampai juara.

“Jika mobil (Peugeot 2008 DKR16) berjalan dengan baik maka kita pasti punya tahun yang kuat pada musim depan. Livery Peugeot 2008 DKR16 memberi kesan ‘cepat’ bahkan saat mobil itu diam. Kami tahu mobil kami punya tampilan yang kuat di Dakar, sekarang tinggal bagaimana kami bekerja sebagai tim,” jelas Bruno Famin, direktur Peugeot Sport.

Teks : Mada Prastya | Foto : Peugeot