Elegan dan futuristik. Mungkin Anda setuju dengan penilaian kami terhadap model Audi dewasa ini.

Audi punya tampang modern dan futuristik dengan tarikan garis yang tajam berpadu dengan detail berstandar tinggi khas produsen Eropa, membuat mobil produksi massal dari pabrikan berlambang empat cincin ini selalu terlihat elegan di jalan.

Keunggulan soal desain dan material yang dimiliki Audi, bisa dipastikan berawal dari sebuah karya diatas sketsa yang kemudian berganti menjadi purwarupa para tim desainer yang bekerja di kantor pusat Audi di Ingolstadt, Jerman. Purwarupa yang selanjutnya bertransformasi menjadi mobil konsep biasanya akan diperkenalkan terlebih dahulu ke publik, sebelum masuk jalur produksi.

Kenyataan bahwa Audi yang kita tahu piawai dalam urusan desain kendaraan, ternyata pernah membuat mobil konsep yang modelnya tidak disukai oleh kebanyakan orang di masa lalu. Publik menilai beberapa dari mobil konsep yang dibuat Audi, punya model yang aneh.

Berikut beberapa mobil konsep buatan Audi di masa lalu yang bentuknya dinilai aneh oleh masyarakat saat pertama kali diperkenalkan.

Audi Typ K Stromlinien Versuchwagen

Tahun 1921 Audi memperkenalkan mobil konsep ini di Berlin Motor Show secara perdana. Mobil ini di cita-citakan akan menjadi mobil dengan desain yang (saat itu) modern setelah era Perang Dunia 1.

Meski sempat diproduksi, namun responnya tidak demikian, masyarakat Jerman kurang menyukai bentuknya selain daripada namanya yang juga dinilai aneh. Mobil ini hanya beredar dengan populasi yang sedikit medio 1922-1925.

Audi Asso Di Picche

52 tahun setelah Typ K atau tepatnya di 1973, Audi kembali membidani kelahiran sebuah mobil konsep bernama Asso Di Picche. Nama tersebut punya arti Ace of Spades atau As Sekop yang dinilai punya ‘kasta’ paling tinggi di susunan permainan kartu.

Sayangnya bentuk yang futuristik dinilai terlalu radikal di masa itu. Sehingga publik sulit menerima model anti mainstream diantara mobil-mobil lain yang dipasarkan.

Audi pun kemudian diketahui tidak pernah memproduksi model konsep tersebut di jajaran modelnya. Namun bentuk yang kental dengan nuansa sportscar tersebut mempengaruhi para tim desainer Audi untuk merancang model baru di kemudian hari.

Audi Quartz

Masih ter-influence gaya dari model konsep sebelumnya, Audi Quatrz hadir di 1981 dengan sambutan yang lebih positif dari publik. Pasalnya era 1980-an model mobil dengan sudut tajam dan landai mulai memiliki populasi di dunia.

Sebenarnya ini adalah sebuah Audi yang cukup bagus bila dipasarkan. Mengambil basis dari Audi Quattro, mobil konsep ini hampir seluruh bagian bodynya berbahan carbon fiber yang super ringan.

Ada campur tangan Pininfarina dalam mendesain Audi Quartz. Namun untuk entah untuk alasan apa Audi juga tidak memasukan Quartz ke jalur produksi massal.