Batmobile-Tour-

Butuh pertolongan? Teriakkan saja nama Wayne. Ya, Bruce Wayne, seorang playboy kaya yang seketika bisa datang menyergap malam dan menolong-mu dengan mantel kulit juga topeng kelelawarnya. Hanya fiktif? Tentu saja. Karena ia sebatas seorang pahlawan di dunia komik saja. Di sisi lain, contoh kepribadian baiknya, berhasil mejadi panutan semua pihak lho. So, wajar saja jika ragam mainan dengan tokoh Batman tersebut, cukup diminati dan mempesona, apalagi Batmobile yang Wayne guna-kan, hm… Keren-keren sob!. Dan gilanya, kendaraan yang digunakan oleh Batman selama 70 tahun perjalanan-nya ini beberapa kali mengalami reinkarnasi desain, mengikuti Bat logo yang juga berubah dari waktu ke waktu. Nah jadi penasaran-kan, modifikasi apa saja sih yang pernah Batman lakukan di kendaraannya?. Yuk, kita sedikit bernostalgia..

batmobile

Inkarnasi pertama dari ‘Batmobile’ berhasil muncul di aspal Warner Bros Picture, Amerika pada 1941. Tapi kala itu, desain Batmobiles berjenis Cord Roadster masih konvensional, ikon kelelawarnya pun belum ketara, karena sematan fitur logo kebesaran ini cukup kecil di bagian depan.

batmobile

Lompat ke 1966, salah satu true king of customizations, George Barris, ternyata berhasil membangun salah satu Batmobiles yang kala itu cukup terkenal sebagai ‘artis’ yang berbagi peran dengan Adam West dalam sebuah serial TV. Dan kala itu modifikasi Batmobiles yang satu ini, sengaja mengambil dasar dari seri Lincoln Futura. Sedangkan di seri ‘Superfriends’ 1970-an, logo kelelawar hitam di kendaraan ini kian jelas di tubuh biru-nya. Tapi di akhir era 80-an (1989), sang produser, Tim Burton, sengaja meleparkan kultus karakter Batman yang lebih lincah, mature, dan beringas, sehingga Michael Keaton (pemeran utama) sengaja dikasih sebuah Batmobiles berdesain khas dunia kegelapan, dengan dua sayap di belakang.

1992 Batmobile

Dalam serial Batman pada tahun 1992 hingga 1995, kendaraan ini masih khas dengan tema gelap, tapi punya ‘hidung’ lebih panjang bak Pinokio, dan malah cenderung mirip seperti desain sarana transportasi pertama yaitu kereta uap. Dan salah satu tunggangan sang pahlawan tersebut, teryata berhasil memukau para penonton film Batman Forever, dan Batman & Robin, juga sebuah serial TV The New Adventures of Batman & Robin.

Batmobile (1)

Dan akhirnya, di 2010 kita bisa melihat acting dari Christopher Nolan  dengan keanggunan Batmobile yang lebih kontemporer. Well, meski kendaraan ini tampak tak serasi dengan ‘karakter’ Batman, namun salah satu inkarsi dari Batmobile ini cukup sangat membantu pencitraan karakter sang pahlawan, sehingga bisa kembali dipercaya oleh para khalayak. But now, tampaknya kita harus sedikit bersabar untuk melihat secara langsung sisa perjalanan sang Batman di film karya Zack Snyder di film Batman v Superman: Dawn of Justice, plus Batmobile teranyar yang pasti-nya lebih sadis juga lebih berotot di 2016.