Terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat menuai pro dan kontra tidak hanya bagi penduduk Negeri Paman Sam. Namun sudah meluas sampai ke negara-negara lain. Ketimbang berbicara soal politik internasional yang kian memanas, lebih baik kita cooling down sambil mengulas mobil-mobil koleksi Presiden AS. Tenang. Tidak hanya mengupas soal The Beast, Cadillac One, First Car, Stagecoach atau sebutan lain untuk mobil kepresidenan kok. So, kita bahas satu per satu.

baker-electric-1024x683

William Taft 

Pria bernama lengkap William Baker Taft ini merupakan Presiden AS ke 27 yang menjabat pada 1909-1913. Taft merupakan Presiden AS pertama yang memiliki dan mengendarai mobil selama kepemimpinannya. Tak heran jika pria kelahiran Cincinnati, AS ini meminta untuk mengganti kandang kuda yang ada di The White House dengan sebuah garasi. Mau tahu apa isi garasinya? Baker Electric! Ya, sebuah mobil listrik yang lahir jauh sebelum eranya Elon Musk dan digemari oleh kaum wanita saat itu lantaran tidak butuh banyak perawatan.

Campaign event. President Franklin Delano Roosevelt, Governor Homer Holt and Senator Matthew Neely ride in the back, accompanied by David Callaghan, Roosevelt's naval aide, behind the driver; near the Union Building in Charleston, 3 September 1940. Photo: Malcolm R. Mathews jr Malcolm R. Mathews Collection

Franklin Delano Roosevelt

Presiden AS ke 32 ini terkenal sebagai pecinta mobil-mobil beratap terbuka dan kerap memacu mobilnya dalam kecepatan tinggi kendati didera penyakit polio. akibat penyakitnya tersebut, mobil-mobil yang dia miliki kerap dimodifikasi guna memindahkan pedal throttle ke atas agar bisa digerakkan dengan menggunakan tangan. Beberapa mobil yang sempat dimiliki oleh pria yang memimpin AS pada 1933-1945 tersebut antara lain: 1932 DeSoto, PD Plymouth Convertible, PA Phaeton hingga Packard 12 yang jadi mobil kepresidenan.

179651

Harry S Truman

Penerus FDR adalah sang wakil, Harry S Truman yang kemudian menjadi Presiden AS ke 33. Walau menjadi pembeli pertama Ford Super Deluxe Tudor Sedan yang merupakan unit perdana yang keluar dari jalur perakitan Ford lepas Perang Dunia II, namun Truman dikenal sebagai kolektor mobil-mobil keluaran Chrysler. Saat masih menjadi Senator, pria kelahiran Missouri 8 Mei 1884 ini menebus Chrysler Royal Club Coupe untuknya dan Chrysler Windsor 4-door Sedan untuk sang istri. Kemudian ada Chrysler Windsor Deluxe Newport 1953, hingga Chrysler New Yorker Deluxe 1955 yang kerap digunakannya saat mengunjungi sang anak di New York.

1426

John F Kennedy

Pria yang akrab dengan inisial JFK ini adalah seorang penggemar Ford Thunderbird sejati. Walau sebelum dirinya menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat ke 35, anak dari pasangan Joe Kennedy dan Rose Kennedy ini adalah fans berat produk General Motors. Malah, konon JFK sempat memesan dua lusin Ford Thunderbird untuk diikutsertakan dalam sebuah parade. Berkat bantuan salah satu eksekutif Ford yang juga menjabat sebagai US Secretary of Defense, Robert McNamara, JFK berhasil mendapatkan satu unit T-Bird Convertible yang sempat bertugas sebagai pace car Indianapolis 500. Namun pria yang sempat bertugas di Angkatan Laut AS ini tewas tertembak di atas Lincoln Continental Convertible saat berada di kota Dallas.

http-a-amz-mshcdn-com-wp-content-uploads-2016-03-amphicar-1

Lyndon B Johnson

Presiden AS ke 36 ini juga terkenal sebagai car guy. Walau banyak mobil yang dikoleksinya, namun satu mobil yang paling terkenal adalah sebuah Amphicar Model 770. Mobil rancangan Hanns Trippel dan diproduksi oleh Quant Group di Jerman Barat ini menggabungkan antara body convertible yang styilish dengan kemampuan sebuah kendaraan amphibi yang digunakan militer Jerman, Schwimmwagen. Walau performanya jika dibandingkan dengan perahu dan mobil biasa kurang mengesankan, namun Amphicar punya banyak penggemar dan sempat diproduksi sebanyak 4 ribu unit mulai tahun1961 sampai 1965.

1969_ford_mustang_mach_1_fastback_m2

Gerald R Ford 

Walau kerap mengatakan “I’m a Ford, not a Lincoln” namun sesungguhnya Presiden AS ke 38 ini tidak punya hubungan apapun dengan Henry Ford, pendiri Ford Motor Company. Kendati demikian, saat masih meniti karir sebagai pemain inti tim football kampusnya, Gerald R Ford sudah sangat akrab dengan Ford Mustang fastback 1969. Itu tuh, mobil yang sama seperti yang dipacu John Wick dalam film yang dibintangi oleh Keanu Reaves.

subaru-brat-13

Ronald Reagen

Mungkin Reagen adalah satu-satunya mantan Presiden AS yang ada dalam daftar ini yang memiliki mobil buatan Jepang. Ya, Presiden AS ke 40 yang memerintah mulai 1981 sampai 1989  ini punya satu mobil favorit, sebuah Subaru BRAT. Malah, Reagen kerap digadang sebagai test driver Fuji Heavy Industries, produsen Subaru. Jadi ceritanya salah satu staff Reagen, Richard V. Allen yang berdinas sebagai National Security Advisor meminta Subaru untuk memberi mobil kepada Reagen untuk dipakai di ranchnya dan dilihat daya tahannya. Gayung bersambut. FHI pun mengirim BRAT ke AS.

trump-3

Donald Trump

Yang satu ini sih usah disangsikan lagi soal koleksi mobil. Karirnya sebagai pengusaha papan atas sudah jauh lebih dulu melambungkan namanya sebelum terpilih menjadi Presiden AS ke 45. Tak heran jika deretan mobil yang dikoleksinya masuk kategori mobil-mobil berbanderol selangit. Sebut saja Rolls-Royce Phantom, 2011 Chevrolet Camaro Indianapolis Pace Car, Lamborghini Diablo VT, Mercedes-Benz SLR McLaren, Maybach, Rolls-Royce Silver Cloud 1950 hingga satu motor chopper buatan Orange County Chopper yang dilapisi emas 24 karat.