Guna memberi pengalaman berkendara sesungguhnya, pameran otomotif Jakarta Auto Show (JAS) 2015 menyediakan kesempatan test drive bagi pengunjung hingga hari penutupan, 1 November nanti. Setidaknya, tersedia sebanyak dua puluh dua model mobil yang siap dijajal, di pelataran gedung Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Menurut pantauan TheGaspol, dua model dari merek Mazda menjadi mobil paling laris yang diuji pengunjung. Kedua mobil tersebut ialah hatchback Mazda2 dan SUV Mazda CX-5. Menurut catatan panitia di area test drive, kedua model tersebut masing-masing telah dijajal sebanyak empat belas kali sejak hari pertama pembukaan Jakarta Auto Show (JAS) 2015 hingga tulisan ini dibuat Jumat siang, (30/10).

20151030_113919

Motivasi pengunjung untuk mengetes kedua mobil itu pun beragam. Contohnya, seperti Adit, pengunjung asal Cibubur yang mengaku penasaran akan performa Mazda CX-5. Uniknya, Mazda CX5 justru merupakan mobil pesaing dari besutan Adit sehari-hari.

“Saya ingin coba karena penasaran dengan performa mobil kompetitor kendaraan saya sekarang,” ujar pria yang saat ini memiliki Nissan X-Trail, saat ditemui di booth Mazda seusai dirinya melakukan registrasi.

IMG_2236

Melihat area test drive yang terbatas, jelas performa mesin bukanlah aspek yang bisa diuji. Namun, pihak penyelenggara telah menyiapkan dua buah rintangan, semacam jembatan dan pita pengejut agar peserta test drive bisa merasakan sendiri kenyamanan yang dijanjikan pabrikan.

Selain kedua model andalan dari Mazda, beberapa model premium pabrikan Eropa juga bercokol di area test drive yang bersebelahan dengan wahana 4×4 Challenge tersebut. Model-model tersebut antara lain ; pendatang baru Jaguar XE, Mercedes-Benz B200 dan A200, BMW 218i, dan Renault Duster. Tak ketinggalan pula, Land Rover Discovery Sport, Infiniti QX 80, serta Mitsubishi Outlander Sport dan Delica.

20151030_141404

Untuk bisa merasakan pengalaman di balik kemudi mobil-mobil tersebut pengunjung bisa melakukan registrasi di booth masing-masing merek. Tak terkecuali untuk merek Mazda, dimana pengunjung akan diminta menunjukkan Surat Ijin Mengemudi (SIM) A dan mengisi kuesioner sebelum menjajal dua model yang telah disiapkan.

Sebagai informasi tambahan, kini varian tertinggi Mazda2 dilepas dengan harga Rp274.700.000. Sementara New Mazda CX-5 Grand Touring yang merupakan trim paling atas punya banderol Rp497.200.000. Menariknya, PT Mazda Motor Indonesia (MMI) juga punya undian liburan dan voucher belanja untuk test driver-er yang beruntung.