Mercedes-Benz memiliki sejarah yang panjang di Indonesia, mobil pertama yang hadir di pulau Jawa adalah Benz Victoria Phaeton milik Pakoe Boewono X yang memegang tahta tertinggi Kesultanan Solo 1894 silam.  Maka tak heran bila Mercedes-Benz dikenal sebagai merek premium di Indonesia sejak dahulu kala.

1970 silam, Mercedes-Benz mulai serius menancapkan kukunya secara resmi di bisnis otomotif tanah air lewat pendirian fasilitas perakitan produksi pertamanya di Indonesia. Merayakan separuh abad kehadirannya di Indonesia, Mercedes-Benz memamerkan replika mobil pertama buatannya yang disebut sebagai Benz Patent-Motorwagen di Museum Monumen Nasional Indonesia (Monas) di Jakarta.

Mulai dari tanggal 8 hingga 15 Februari 2020, replika mobil Benz Patent-Motorwagen ini akan dipajang dalam pameran sementara yang bertajuk “Perjalanan menuju 50 tahun kesuksesan Mercedes-Benz di Indonesia” di Museum Nasional Indonesia. Pameran ini melengkapi tonggak sejarah perjalanan kehadiran Mercedes-Benz selama 125 tahun di Indonesia sejak awal kemunculannya.

Choi Duk Jun, Presiden Direktur, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia dalam sebuah kesempatan menyampaikan, kegembiraannya dapat mendonasikan replika asli mobil pertama di dunia, Benz Patent-Motorwagen, kepada Museum Nasional Indonesia.

“Mercedes-Benz telah memainkan peran penting dalam sejarah mobilitas di Indonesia karena mobil pertama yang hadir di Indonesia adalah Benz. Dengan donasi ini, kami mendukung Museum Nasional Indonesia dalam menjalankan misinya untuk mengedukasi mengenai wilayah Indonesia dan sejarahnya. Oleh karena itu, kami bangga untuk merayakan 50 tahun Mercedes-Benz di Indonesia dengan berkontribusi pada museum dan upayanya dalam bidang pendidikan dan budaya transportasi”, ungkap Choi Duk Jun.