Belakangan ini kompetisi balap motor khusus tipe Super Cub menjadi tren di Jepang. Rumah modifikasi ternama, Deus Ex Machina, turut serta dengan Honda C105 ubahannya. Sudah barang tentu, motor yang aslinya betampang “lugu” itu mendapat sentuhan ekstrem.

Ubahan yang paling mencolok adalah penambahan bodi yang membentang layaknya jembatan. Hal ini membuat C105 tampil layaknya motor sport sungguhan. Tampak jelas, Deus Jepang berusaha menerapkan gaya motor sport sejati pada karyanya yang satu ini.

Komponen bawaan motor yang tersisa hanyalah speedometer. Itu pun posisinya sudah berubah. Speedometer itu kini menempel di bodi yang sudah disinggung sebelumnya.

“Jembatan” tersebut dibuat menggunakan bahan epoxy composite. Mengutip Autoevolution, Selasa (5/1), selain sebagai tangki bahan bakar, bodi itu juga menjadi lokasi penyimpanan aki, ignition, dan perkabelan.

Di bagian kaki-kakinya motor ini menggunakan pelek DID yang dipasangkan dengan jari-jari kustom. Ubahan juga merampah sistem pengereman dan suspensinya yang sudah menggunakan komponen kelas kompetisi.

Peraturan balap di sana memperbolehkan pengembangan kapasitas mesin sebesar 20 persen. Sehingga memberi keleluasaan bagi mekanik Deus Jepang untuk menjadikan mesinnya bervolume 60 cc dari yang sebelumnya hanya 49 cc. Tipe mesin 4-tak OVH 3-percepatan tetap dipertahankan.