Datangnya Hari Kemerdekaan Republik Indonesia kerap dirayakan lewat berbagai cara. Mulai dari menggelar lomba-lomba untuk anak dan dewasa mulai dari pedesaan hingga kota besar, sampai menghelat upacara sebagai selebrasi. Berbeda dengan kebanyakan, sekumpulan penggiat, penggemar, dan pecinta roda dua dari dua kultur yang berbeda, hari ini (17/8) mengadakan sebuah acara bertajuk Indonesia Mods vs Rockers 2015: Friendship for All Nation.

Indonesia Mods vs Rockers 2015

Ajang yang dihadiri oleh ribuan pengunjung ini diawali oleh konvoy masing-masing budaya di beberapa titik. Sekitar 1.000 penganut kultur Mods yang diwakili oleh penunggang Vespa dan Lambretta bertolak dari Patung Panah, Senayan. Sementara 400-an penggiat Rockers yang didominasi oleh penggemar café racer berangkat dari ruang pamer Triumph Motor Indonesia di Pejaten, Jakarta Selatan.

Indonesia Mods vs Rockers 2015

Sesampainya di Wisma Aldiron, Pancoran, keduanya bertemu dan menggelar ritual yang telah berlangsung sejak Mods vs Rockers tahun lalu. Berbeda dengan penganut budaya Mods dan Rockers di Inggris era 60-an yang saling bersitegang, di Indonesia keduanya justru bersatu. Tema inilah yang coba diangkat pada gelaran kali ini.

Indonesia Mods vs Rockers 2015

“Indonesia Mods vs Rockers 2015 ini coba memberikan warna tersendiri. Kami coba untuk lebih meng-Indonesiakan semua penggemar sepeda motor agar mereka lebih cinta bangsa dan tanah air. Kami berharap kedepannya semua komunitas roda dua bisa lebih solid dan tidak membeda-bedakan,” jelas Adrian Kiagus selaku Ketua Panitia.

Indonesia Mods vs Rockers 2015

Selain menghelat custom clinic, custom contest, games 17-an dan pameran motor custom, pengunjung perhelatan yang juga dihadiri oleh Rockers mancanegara ini turut dihibur oleh penampilan band-band ternama. Mulai dari Innocenti, G-Pluck, Slettingdown, Denny Frust & His Moodbooster serta ditutup oleh penampilan atraktif dari Netral.