Mei lalu, beberapa kota di Indonesia menggelar acara yang bertajuk Mods May Day, suatu acara yang menggabungkan elemen skuter, fashion dan musik. Mods (diambil dari kata Modernist) sendiri adalah gaya hidup yang lahir dan besar di Ingris pada 1960-an, lalu menyebar ke seluruh dunia. Digagas oleh kaum pekerja yang ingin tampil modern dengan elemen signifikan berupa fashion yang catchy, musik Amerika (Soul, RnB dan Ska) serta skuter asal Italia; Vespa dan Lambretta yang didandani dengan maksimal.

Vespa-Mods-3

Bicara mengenai skuter yang didandani maksimal, umumnya tunggangan para Mods ini tampil super ramai dengan berbagai atribut. Paling jelas terlihat adalah pemasangan beberapa pasang kaca spion dan lampu dengan bentuk dan ukuran yang bervariasi di bagian depan.

Vespa-Mods-2

 

“Sebenarnya, pemasangan atribut seperti kaca spion yang jumlahnya lebih dari satu ini awalnya untuk mendobrak peraturan lalu lintas di Inggris pada tahun 1960-an,” ujar Anja Hidayat, penunggang Vespa New PX berwarna putih yang skuternya tampil dengan full atribut. “Kala itu, peraturan lalu lintas di Inggris mewajibkan setiap motor dan skuter harus memiliki minimal satu spion. Nah, karena kaum Mods ingin tampil catchy, maka dipasanglah beberapa pasang spion,” tambah pria yang tergabung dalam komunitas Mods, The Blangsak ini.

Vespa-Mods-4

“Untuk lampu, biasanya yang digunakan adalah brand asal Inggris seperti Notec, Stadium, Witac, Miller, Raydot dan masih banyak lagi. Notec dan Stadium adalah merek lampu yang paling rare untuk saat ini,” ujar Ahmad Rinaldi, pemilik Vespa New PX yang skuternya baru saja meraih gelar The Best 60’s Scooter di acara Indonesia Mods May Day 2015 lalu.

Vespa-Mods-7

 

“Selain lampu, Stadium juga memproduksi spion dan brand inilah yang jadi favorit untuk tampil dengan dandanan Mods. Spion Stadium ini bisa juga dikombinasikan dengan spion merek Metalplast atau Bumm,” tambah Ahmad yang memasang 8 lampu tambahan dan 8 spion di skuternya.

Vespa-Mods-5

Selain spion dan lampu, atribut yang umum dipasang adalah fly screen, front bar, crest bar, front rack dan rear rack 3 in 1. “Ada juga teman-teman yang suka memberi elemen chrome di skuternya. Umumnya elemen chrome itu meliputi spakbor depan dan tepong (penutup mesin) kiri dan kanan,” ucap Anja yang memberi sentuhan chrome di skuternya.

Vespa-Mods-6

 

Bagian jok juga tak luput dari sentuhan modifikasi. Motif leopard, macan atau Union Jack (bendera Inggris) seringkali dipilih sebagai pengganti lapisan jok bawaan skuter. Iron board (sandaran punggung pembonceng) juga bisa menjadi salah satu opsi pelengkap jok.

Vespa-Mods-9

“Sebenarnya, tujuan awal kaum Mods saat mendandani skuternya di tahun 1960-an dulu adalah untuk menarik perhatian orang sebanyak dan sesering mungkin, itulah sebabnya kenapa banyak sekali aksesoris atau atribut yang dipasang. Dengan tampilan super ramai seperti itu, sudah pasti mudah menarik perhatian orang,” sebut Anja.

Vespa-Mods-10

 

“Tapi perlu diingat juga bahwa Mods itu bukan hanya skuter yang didandani full atribut atau orang berpakaian necis dan rapih saja lho, Mods itu justru ada di soul penyukanya. Jadi intinya, apapun jenis dan dandanan skuternya, jika jiwanya sudah Mods ya itulah esensinya. Skuter, fashion dan musik hanya sebagai elemen pelengkap dari Mods,” tutupnya.