Morgan Motors telah memproduksi model Plus 4 sejak enam puluh lima tahun silam. Kendati demikian, mobil tersebut tak banyak dijumpai di pasaran. Sekarang, perusahaan asal Inggris yang berbasis di Malvern tersebut tengah menyiapkan Plus 4 edisi spesial yang lebih langka lagi ketimbang P4 biasa. Karena produksi model anniversary ini dibatasi hanya lima puluh unit.

Morgan-AR-P4-3

Keistimewaan model anniversary yang diberi nama AR P4 dimaksud bukan hanya karena jumlahnya yang tergolong sangat sedikit tapi juga karena mesin yang tersemat di balik hood-nya. Model yang proses peracangannya ditangani oleh tangan kanan Morgan Motors untuk urusan performa Aero Racing Motorsport ini membawa mesin Cosworth-tuned 2.0 liter empat silinder dengan output sebesar 225 hp.

Morgan-AR-P4-2

Hampir dua kali lipat dari tenaga yang dimiliki P4 biasa yang hanya berkisar pada angka 154 hp. Untuk mengimbangi kedigdayaan mesin tersebut, Morgan Motors akan meningkatkan kemampuan pengereman dan sistem suspensi model roadster klasik ini. Demi mempertahankan bentuk bodi klasiknya yang eksotis, AR Motorsport tak banyak  melakukan pengubahan pada asesoris AR P4. Modernisasi hanya dilakukan pada headlight yang telah menggunakan LED unit. Sementara bentuk housing-nya masih membulat seperti model P4 lawas.

Morgan-AR-P4-4

Di dalam kabin, P4 masih menggunakan beberapa komponen berbahan aluminium namun dengan kluster instrumen model baru. Pembaruan tersebut mencangkup suguhan desain inovatif speedometer. Kecanggihan lainnya, AR P4 telah dilengkapi “pembunuh suara” pada ruang mesin kompartemen penumpang untuk menciptakan kenyamanan ekstra bagi milyarder yang membesutnya.

Morgan-AR-P4-5

Kalau Anda cukup beruntung untuk mendapatkan satu dari lima puluh model yang ada, siapkan kocek sekitar $85.200 untuk memboyong mobil ini dari negeri sang ratu ke garasi di belakang rumah Anda.