Ajang bergengsi MotoGP seri ke-8 di Sachenring, Jerman akhir pekan kemarin berjalan sangat ketat. Jika disaksikan, balap kali ini terlihat penuh drama sejak awal lomba, terbukti para pebalap dipaksa menggunakan ban basah sejak start dikarenakan trek yang masih basah.

Strategi jitu sangat dibutuhkan disaat – saat krusial seperti ini, Valentino Rossi dan Andrea Dovisiozo sebenarnya bergantian mencicipi urutan terdepan separuh balap. Namun nyatanya Marc Marquez lebih siap menghadapi seri kali ini. Melihat racing line yang sudah terasa kering, Baby Alien berinisiatif masuk pit stop tepat waktu guna mengganti motornya dengan motor kedua yang menggunakan ban soft, alhasil Marc dapat menggeber Honda rc213v-s dengan maksimal.

Taktik demikian tidak diikuti oleh Rossi yang ada di depan, sedang asik mempertahankan posisi terdepan, The Doctor dan juga Dovisiozo melewatkan dua lap dari rambu isyarat masuk pit. Baru di sisa 6 lap lagi, keduanya masuk pit stop untuk mengganti motornya.

Melihat kesempatan tersebut, dengan cepat Marc Marquez memperkecil jarak dan mampu melewati Scott Redding yang kala itu memimpin lomba. Rossi pun yang kembali ke lintasan cepat tidak mampu merangkak naik ke posisi terdepan, apalagi motor kedua Rossi justru menggunakan ban intermediate sehingga Rossi tak mampu selincah Marquez dengan ban soft-nya.

Tak mampu terkejar lagi, Marc Marcquez menyudahi balap dengan keluar sebagai juara di Sachenring. Sementara itu Cal Crutchlow berada di peringkat kedua, diikuti pebalap Ducati Andrea Dovisiozo di posisi ketiga.

 

Hasil MotoGP Seri-8 Sachenring, Jerman :

  1. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V)
  2. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V)
  3. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici GP)
  4. Scott Redding GBR Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15)
  5. Andrea Iannone ITA Ducati Team (Desmosedici GP)