Belakangan motor penghasil asap kian diburu penggemar roda 2.  Keberadaan motor ini sudah mengaspal  sejak medio 80’an. Namun aturan pemerintah terkait polusi udara justru membuat motor – motor keren dari Honda disuntik mati.

Aturan ini justru bukan membuat harga motor anjlok. Terbukti harga jual dari motor ini bisa menguras dompet Anda. Hal ini disebabkan oleh sudah tidak diproduksinya motor, jumlah motor yang sedikit dan keaslian dari part part yang digunakan.

Walaupun jumlah dari motor Honda 2-tak kala itu berjumlah banyak, ternyata hanya ada beberapa varian yang diminati penggemar roda 2. Berikut adalah motor-motor Honda bermesin 2 tak yang sempat mengaspal di Indonesia.

Honda Nova RS

 

Lebih dikenal sebagai nenek moyang dari motor ayam jago Honda, medio 80-an, Honda Nova series masuk Indonesia melalui jalur impor. Motor yang hadir dalam dua varian (Nova R dan Nova S) ini dibekali mesin 2-tak berkapasitas 110cc.

Honda Tena

Menggantikan generasi Nova series, bebek ayago Honda Tena sempat jadi legenda di balap underbone Asia Tenggara era 90-an. Honda Tena punya banyak varian. Mulai dari Tena S, Tena R, hingga Tena RS bermesin 105cc dan 110cc.

Honda Nova Dash

Dilansir pada tahun 1996, Honda Nova Dash hadir menggantikan Tena dengan pendongkrakkan kapasitas mesin menjadi 125cc. Langkah ini membuat tenaganya meningkat hingga 21,6 dk. Lepas mendapatkan facelift, akhirnya Nova Dash disuntik mati di medio 2000-an.

Honda NSR 150R

Mendebut di tahun 1994, generasi pertama Honda NSR yang dipasarkan oleh AHM. Berbekal mesin 2 tak 149cc, motor ini mampu menghasilkan tenaga 28 HP pada 10.500 rpm dengan teknologi RC Valve dan sistem pendingin radiator.

Honda NSR Astra

 

Jadi penyempurnaan model sebelumnya, Honda NSR 150RR alias NSR Astra disematkan wajah baru yang lebih sporti. Tidak ada perubahan dari sektor lumbung pacu, namun motor ini dilengkapi dengan sistem kelistrikan DC.

Honda NSR 150 New RR

 

 

Dipasarkan di Indonesia lewat importir umum, motor yang punya desain mirip Honda NSR SP namun dibekali dengan kaki-kaki bawaan NSR Astra ini mengusung mesin 149cc bertenaga 36 hp.

Honda NSR SP

Yang terakhir jadi idola yang gede di tahun 2000-an. Yes, Honda NSR SP. Berkat penggunaan mono arm alias pro arm alias single sided swingarm plus livery khas pacuan tim sayap kepak di GP500 membuat motor ini ganteng banget!