Maksudnya, bukan bakal cepat rusak atau hilang entah ke mana. Tapi bisa jadi chopper berwarna emas itu langsung “direbut” oleh anaknya. Jokowi mengakui sendiri bahwa anaknya ngebet pengen memiliki motor custom yang baru saja dibelinya itu dari Elders Garage.

Di halaman resmi Facebook-nya, Presiden Jokowi menulis, “Begitu diberitakan, anak saya menelpon. Dia meminta sepeda motor ini. Wah, saya mengendarainya saja belum pernah, sudah diminta.”

Terlepas dari hal itu, akhir pekan lalu Presiden Jokowi berhasil membuat publik menoleh setelah membeli motor chopper seharga Rp140 juta. Hal ini dinilai menjadi dukungan kongkretnya terhadap dunia custom culture Tanah Air.

Bukan soal nominalnya, tapi lebih kepada mengangkat nilai-nilai yang dimiliki para pemain lokal di bisnis motor custom khususnya. “Saya membeli sepeda motor berwarna emas ini, selain karena memang suka, juga demi membangun brand value karya anak bangsa sendiri,” kata Jokowi masih dari sumber yang sama.

Sebagian besar komponen yang menempel pada chopper tersebut merupakan hasil kerja tangan anak bangsa.

“Mesinnya saja yang dari Royald Enfield 350 cc, selebihnya adalah karya garapan bengkel modifikasi Elders Garage dan mitranya. Jok kulitnya buatan Bandung, dijahit bagus sekali dan rapi. Rangkanya dirancang untuk ukuran rata-rata orang Indonesia oleh Veroland dan dibuat di Jakarta.”

Baik Elders Garage yang digawangi Heret Frasthio atau Veroland bukanlah nama baru di dunia motor custom. Keduanya tengah berkolaborasi dan berupaya menginspirasi builder lainnya untuk menerapkan model bisnis yang cocok bagi sebuah rumah custom.

Kami pernah menulis soal itu dalam laporanFormula Membesarkan Bisnis Motor Custom dari Chopperland“.

“Saya akhirnya punya sepeda motor hasil rancangan dan kreasi anak bangsa sendiri. Sepeda motor bergaya chopper dengan ciri khasnya yakni posisi pengendara yang rendah, duduknya santai, dan setang sedikit tinggi,” pada awal pernyataannya berusaha mendiskripsikan chopper anyarnya itu.