Dijuluki Negeri Tirai Bambu, Tiongkok atau China punya tradisi yang unik di industri otomotif. Ketimbang menerapkan inovasi buat riset sendiri, beberapa pabrikan kendaraan di sana lebih gemar menduplikasi desain manufaktur ternama.

Tak jarang memang beberapa perusahaan yang mencontek dilaporkan dan dikenakan denda, namun tetap saja masih banyak perusahaan di Tiongkok yang melakukan hal ini. Mungkin ini bagian dari kesenangan mereka ya.

Walaupun begitu tentunya barisan motor “KW” ini tidak 100% sama. Sekilas memang mirip namun jika diperhatikan lebih detail ada yang membedakan di setiap sisinya. Coba simak nih, motor “KW” asal Cina:

Yayama R6

Namanya cukup menggelikan. Terdengar seperti pelesetan pabrikan berlambang garputala. Sekilas desainnya juga mirip Yamaha R6 walau hanya dibekali mesin 150 cc.

Wonjang WJ300

Giliran Ducati Panigale yang kali ini di contek oleh pabrikan Woncen Motorcycle. Tampangnya sih bisa menipu kalau hanya difoto dan diposting di Instagram. Tetapi kalo melihat wujud aslinya baru deh ketawan kalau ini motor berkapasitas 300 cc, dan bukan dari pabrikan Ducati.

ZJMM R12

Ini dia versi “KW” super dari Honda CBR250R! Desainnya mirip banget, walau mesinnya ada dua versi, yakni 125 cc dan 250 cc.

Jiajue 400

Jiajue 400 menjiplak motor Kawasaki Z1000, tampilan motor yang dibekali dengan mesin 400 cc ini ternyata nggak kalah gahar karena bisa memuntahkan 20 dk. Jika dilihat pada tampilan, bentuk dari Jiajue 400 terbilang ganas mulai dari batok lampu depan hingga bagian buritan.

Jiajue C8

 

Naked Bike asal Austria juga kebagian jatah dicontek. Yang punya peran adalah pabrikan bernama Zhejiang Jiajue Motorcycle yang melahirkan Jiajue C8 dan mirip motor dari pabrikan KTM.