Istilah motorcade dipopulerkan oleh Lyle Abbot saat ia jadi editor otomotif di Arizona Republican pada tahun 1912 sampai 1913. Istilah ini mengacu pada proses pemindahan orang penting, biasanya presiden lewat jalan darat.

Jumlah mobil yang terlibat didalamnya bisa sampai belasan unit. Tergantung seberapa penting orang yang melakukan perjalanan. Di Amerika, setidaknya lima belas mobil terlibat iring-iringan saat presiden melakukan perjalanan.

Lima belas mobil tersebut dibagi kedalam lima grup. Sudah bukan rahasia kalau presiden punya mobil yang identik dalam motorcade. Walau pada kenyataanya ia bisa saja tidak berada di keduanya, tapi di helikopter.

Grup 1 : Route, Pilot, Lead

Ketiga mobil ini punya polisi. Route biasanya berangkat lima menit lebih awal. Tugasnya untuk memastikan jalanan sudah “bersih.” Disusul Pilot yang punya tugas serupa. Dan Lead car yang memimpin pengawal bersepeda motor.

Grup 2 : Spare, Stagecoach, Halfback

Disusul ketiga mobil ini. Spare adalah mobil yang identik dengan Stagecoach dimana presiden berada. Lalu Halfback, SUV berisi pengawal khusus, atau Secret Service kalau di Amerika.

Grup 3 : Codename Classified, Control, Support

Codename Classified bertugas untuk menangkal ganguan elektronik dari luar. Sedangkan Control dan Support berisis staf-staf kunci dari militer termasuk doktor pribadi presiden.

Grup 4 : Cat, ID Car, Codename Classified

Cat berisi tim anti teror presiden, lalu ID Car diisi agen-agen rahasia yang melakukan komunikasi dengan mata-mata di sepanjang rute motorcade. Dan Codename Classified yang kedua berisi sensor yang mampu mendeteksi serangan kimia, biologis, dan radioaktif.

Grup 5 : Press Van, Roadrunner, Ambulance

Di belakang biasanya ada van yang berisikan wartawan, lalu Roadrunner yang berisi pertugas komunikasi kantor presiden, dan ambulance.