Daihatsu Motor Corporation Jepang, resmi merilis mobil Move Canbus pekan lalu. Mobil ini termasuk dalam kelas Kei Car atau mobil bermesin kecil untuk aplikasi perkotaan yang marak di negeri Sakura.

Mengandalkan sumber tenaga 3-silinder 660 cc, Kei Car ini diklaim ramah untuk pengguna wanita. Bermodalkan desain sliding door (pintu geser) memudahkan para kaum hawa untuk mengakses barang dan penumpang kedalam kabin.

Selain itu, layar monitor sekaligus pengeras suara dapat membantu perempuan, saat harus memarkir Move Canbus di area yang terbatas. Sayangnya belum ada fitur parkir otomatis yang akan semakin memudahkan pengguna Kei Car Daihatsu ini.

Selain modelnya yang kompak, Daihatsu Jepang juga melabur kelir Move Canbus dengan beberapa pilihan warna pastel. Warna-warna atraktif dan berbeda ini diharapkan dapat menarik minat konsumen wanita dengan pangsa umur 30-40 tahun, pengguna mobil pribadi di Jepang.

Pabrikan berlambang D ini juga mengklaim kehematan konsumsi bahan bakarnya mampu mencapai 27,8 hingga 28,6 Km per liter bensin untuk pemakaian kombinasi dalam kota dan jalur bebas hambatan.

Meski terbilang city car, namun jangan remehkan soal fitur keselamatan berkendaranya. Seperti halnya mobil lain di kelas premium atau berharga lebih mahal, Kei Car Move Canbus juga turut dilengkapi dengan sistem pengereman otomatis selain fitur keselamatan berkendara standard lainnya.

Daihatsu Motor Corporation membanderol mobil ini mulai Rp 120 juta untuk tipe terendah dan Rp 180 juta untuk varian tertinggi dengan fitur terlengkap. Sayangnya belum ada konfirmasi dari pihak lokal maupun Jepang untuk memasarkan Kei Car ini di pasar mobil mungil Indonesia baik mengimpor secara utuh maupun hasil rakitan lokal.