Mantan penyiar Hard Rock FM pemilik nama Gofar Hilman sudah mulai muncul dengan gaya Sekut nya. Yap beberapa koleksi mobil yang dimiliki terbilang mobil yang di idam – idamkan pecinta otomotif. Begitu juga dengan koleksi motoryang berjajar rapih di garasi dan bengkel.

Otomotif menjadi hobi yang terus digeluti, terlebih dalam salah satu konten ada yang membahas modifikasi yang dilakukan untuk kendaraannya. Untuk koleksi motornya sendiri terbilang receh, receh yang dimaksud adalah harga motor koleksinya yang jauh lebih murah dari harga mobil yang dimiliki Gofar. Tapi meski receh, motor yang dimilikinya juga unik dan termasuk motor yang sedang dicari kolektor.

Terhitung saat ini Gofar masih memiliki enam motor yang terparkir di garasi dan beberapa masih dalam proses perbaikan di bengkel. Yuk kita intip koleksi Gofar Hilman ini?

Honda Dax

Belum pernah mendengar nama motor ini? Ya motor satu ini memang langka, dan masuk kategori motor kerdil. Honda DAX sudah menjajaki pasar otomotif sejak 1968 di pasar Amerika dan Eropa dengan tipe ST50, ST70, ST90. Sementara untuk Honda DAX milik Gofar sudah dimodifikasi pada beberapa bagian. Seperti halnya pada bagian mesin yang sudah menggunakan Honda Grand agar tenaganya lebih baik.

Jok tebal dibalut dengan bahan jok mobil VW Golf Tartan yang diboyong langsung dari Jerman terpasang rapi di atas rangka besi. Selain bentuknya yang mini, identitas lain dari motor ini adalah stang kemudi yang lebar dan tinggi. Ada yang punya motor seperti ini juga?

Yamaha RX-125 Twin

Pecinta motor 2 tak tentunya sudah tidak asing dengan Yamaha RX-125 Twin. Ini menjadi motor dua silinder pertama yang dijual Yamaha di Indonesia dan hadir di tahun 1979. Diatas kertas motor ini mengusung mesin 125 cc, 2-tak, 2 silinder yang mampu menghasilkan 16,2 PS pada 8.500rpm. Berbeda dengan koleksi motor lainnya yang dirawat dan dimodifikasi, koleksi yang satu ini sempat tak terawat. Hingga akhirnya motor ini dibangun kembali berbalut bodi milik Yamaha RX-K.

Honda Astrea Grand Bulus

Motor Honda Grand Bulus, jika kita flashback di medio 1990’an Astrea Grand pertama kali di produksi tahun 1991 sebagai penerus Astrea Prima. Menggendong mesin C100 berkapasitas 97 cc dipadu 4 percepatan motor ini mampu melesat hingga 55 km/jam dengan konsumsi bahan bakar 60 km/liter.

Motor Honda Grand Bulus ini menjadi satu motor kesayangan Gofar dan tidak akan dijual. Saat ini Honda Grand Bulus sudah tidak lagi diproduksi, namun untuk harga bekas nya terbilang tinggi higga belasan juta rupiah dan kondisi baik. Desainnya sendiri terbilang timeless dan menjadi primadona kala itu, hingga banyak dijiplak pabrikan asal Cina. Kini Honda Grand Bulus yang asli banyak dicari untuk dikoleksi.

Suzuki A100

Diberi nama ‘Ningsih’ Suzuki A100 milik Gofar sudah berubah wujud. Motor yang dulunya dikenal sebagai kendaraan dinas Pos Indonesia itu, sudah dirombak menjadi motor bergaya cafe racer oleh Lawless Garage.

Suzuki A100 menjadi motor laki (sport) pertama yang masuk Indonesia pada tahun 1973. Diatas kertas motor Suzuki A100 mengusung mesin 98 cc, 2 tak dan mampu memberikan tenaga 9,4 PS pada 7.500rpm.

SM Cub Classic

Honda Super Cub bukanlah motor incaran Gofar untuk parkir di garasi. Buan berarti tidak mampu, hanya saja harga yang ditawarkan terbilang tidak masuk diakal. Gofar lebih memilih SM Cub Classic, motor buatan Taiwan ini juga memiliki tampilan bak motor bebek tahun 1970’an. Terlihat juga dari panel instrument yang masih analog, pelek jari – jari 17 inci dengan jari – jari model rapat.

Motor ini jadi motor satu satunya Gofar yang masih dijual dengan status baru di pasar Indonesia seharga Rp 18 juta saja. Dengan kapasitas mesin 109 cc, DOHC, 1 silinder, SM Cub Classic menghasilkan tenaga 8,11 PS pada 7.500rpm.

Selain enam motor diatas sebenarnya masih ada dua motor lain yang kini tidak diketahui keberadaan dan statusnya. Vespa S dan Lambretta V200 dikabarkan pernah menjadi motor dari Gofar, Lambretta V200 tahun 2019 sempat membuat Gofar lelah menunggu surat – surat yang tidak kunjung selesai, hingga akhirnya motor ini dijual. Kira kira motor apa lagi ya yang bakal jadi koleksi di garasinya?