bmw_8_series_1992_pictures_1

Seperempat abad telah berlalu, tepat pada 1989, sejak ajang Internationale Automobil-Ausstellung di Frankfurt menjadi saksi pertemuan pertama sang legenda coupe, BMW Seri 8 dengan khalayak umum. Sambutan yang sangat meriah dari para pengunjung ajang yang hangat disebut Frankfurt Motor Show kala itu, menjadi catatan manis yang tertoreh dalam sejarah model dengan kode E31 ini.

BMW Seri 8 E31

Sedikit kisah dibalik layar seri 8. Pada zamannya, BMW seri 8 merupakan sebuah produk yang sengaja diciptakan untuk menjawab tantangan publik akan coupe sport terbaik di dunia. Desain avant-garde yang mereka gurat pada mobil rancangan Klais Kapitza dimaksud, mengalirkan visual keanggunan sport car ala BMW, dengan taburan inovasi terdepan di eranya. Seperti paket kaca spion otomatis, kemudi elektrik yang bisa diatur sesuai kebutuhan pengendara, sistem sabuk pengaman terintegrasi dengan jok, power window, Automatic Stability Control plus Traction serta teknologi Electronic Damper Control (EDC). Classy!

BMW 8-series “Der Bolide”

Tidak hanya paket fitur canggihnya saja yang mempesona. Semisal BMW 850i. Mobil yang didukung oleh mesin 12 silinder 5.0-liter ini punya tenaga yang buas sebesar 300 hp dengan torsi puncak 450 Nm. Bayangkan performa masif tersebut hanya digunakan untuk menghela bobot seberat 1.790kg. Performa yang keluar dari lumbung pacu tersebut disalurkan melalui dua pilihan transimisi yang ditawarkan, manual 6-speed dan otomatis empat kecepatan. Dan paduan inilah yang membuat akselerasi 0-100 km/jam-nya bisa diraih hanya dalam waktu 6,8 detik saja. Ya, untuk saat ini, angka tersebut memang bukanlah hal yang fantastis, tapi untuk jenis sport car legenda sepertinya, sudah pasti termasuk paling mengagumkan saat itu!.

850csieng

Bayerische Motoren Werke juga menghadirkan 850CSi yang diluncurkan tahun 1993. Pada varian ini, kapasitas mesinnya membengkak menjadi 5,6 liter, bertenaga 381 hp dengan torsi 550 Nm serta akselerasi 0-100km hanya diraih kurang dari 6 detik. But, well, untuk meng-grab market, di pertengahan jalan (1993), versi jinak sang legenda-pun hadir lewat seri BMW 840Ci.  Mesinnya lebih kecil, V8 4.0-liter yang memproduksi tenaga 286 hp.

850_24big

Ok. Cerita berlanjut pada musim gugur di penghujung 1994. 850Ci sebagai tongak kelahiran 8-Series ditingkatkan kemampuannya untuk mengimbangi versi top of the line mereka – 850CSi. Waktu itu mereka sudah dibekali mesin V12 5.4-liter bertenaga 326 hp. Melihat catatan pabrik, selama sepuluh tahun, sebanyak 31. 562 BMW Seri 8 telah dilahirkan. Lebih dari dua pertiga dari semua BMW Seri 8 coupe yang diproduksi adalah model 12-silinder. Versi Top of the line (BMW 850 CSi) menyumbang 1.510 dari keseluruhan. Model ultra-high-performance yang tersedia secara eksklusif dengan gearbox manual.

BMW-8-Series-25th-Anniversary-20

Hm… Sangat mengesankan. Jadi, wajar saja ya para pemilik pertama Seri 8 ini, masih sering berlalu lalang tanpa henti dengan kepala mendongak pertanda bangga. Dan uniknya mereka sangat mengelu-elu-kan seri 8 ini sebagai sebuah sport car yang tak kan lekang oleh waktu. Lebih dari 2.000 pemilik dan penggemar BMW Seri 8 dari seluruh dunia masih menyimpan ikon Bayerische Motoren Werke ini.

BMW-8-Series-25th-Anniversary-25

Nah, kecintaan mereka terhadap sang legenda-pun terungkap jelas dalam ritual selebrasi kelahiran grand coupe lansiran Bavaria itu. Saat anggota komunitas pemilik  Seri 8 ‘berlari’ sejauh ratusan kilometer hanya untuk mendatangi markas BMW di Munich saat perayaan ulang tahun si seri 8 ini beberapa waktu lalu.  Bahkan, ada dua anggota klub dari Spanyol sengaja mengendarai mobil mereka dalam sebuah perjalanan sangat epic sejauh 1.800 km, hanya untuk menghadiri pesta sederhana ini. Dan tak ayal, perayaan yang diisi dengan acara kumpul-kumpul dan parade spektakuler 120 itu benar-benar mencerminkan rasa cinta mereka dengan sportscar BMW ini.

BMW-8-Series-25th-Anniversary-23

Seremoni HUT sang legenda merupakan swadaya dari BMW 8-Series club dan ClubE31 Worldwide Owners Group, dan didukung oleh Club International Office BMW. Sebanyak 260 owner seri 8 dari 20 negara ini mulai melakukan prosesi perayaan dengan start di sebuah pabrik BMW di Dingolfing. Dimana pabrik pusat perakitan itu dulunya adalah tempat BMW Seri 8 diproduksi dari  1989 sampai 1999.

bmw-e31-owners-meet

Setelah berjalan cukup singkat, para peserta akhirnya berhenti dan berkumpul di Museum BMW untuk acara pemotretan. Uniknya, di acara ini, para model BMW Seri 8 menyebar dalam formasi sesuai dengan warna cat, hal ini menciptakan sebuah gambar yang mengesankan.