MV Agusta Brutale 800 j

Populasi sepeda motor di Indonesia bisa jadi yang terbesar di seluruh dunia. Bermodal uang muka 500 ribu Rupiah saja sudah bisa membawa sepeda motor idaman ke rumah. Tak heran bila masyarakat pinggiran dari golongan ekonomi rendah hingga pelajar yang notabene belum memiliki penghasilan sudah bisa memiliki sepeda motor. Imbasnya tentu saja carut marut lalu lintas perkotaan yang padat dan disesaki kendaraan roda dua.

MV Agusta Brutale 800 i

Bukan masalah jumlahnya saja yang massive, namun ketidakteraturan berlalulintas yang tercipta akibat penuh sesak dan kurangnya kesadaran akan peraturan lalu lintas juga membuat suasana jalan menjadi chaos. Hal ini tentu saja akibat rendahnya pendidikan si pemilik.

MV Agusta Brutale 800 h

Celakanya, sepeda motor yang ala kadarnya itu berjumlah besar dan sama sekali tak berkelas. Hanya sekadar kendaraan pengangkut manusia yang tak memiliki style. Bahasa singkatnya, “banyak tapi tak berkualitas”.

MV Agusta Brutale 800 a

Well, tak mau terlalu banyak mengeluh. Mending kita nikmati saja alternatif berkendara roda dua yang bisa dijadikan tunggangan harian dan sangat berkelas. Ya, adalah MV Agusta Brutale 800 yang baru saja kita coba beberapa waktu lalu.

MV Agusta Brutale 800 l

Pabrikan kuda besi kelahiran Cascina Costa, Milan, Italia 12 February 1945 ini memiliki kepanjangan Meccanica Verghera Agusta. Nama belakangnya diambil dari sang pendiri, Giovanni Agusta. Saat ini pabrikan MV Agusta sendiri sudah berada di Varese.

MV Agusta Brutale 800 g

Secara dimensi, Brutale yang dilahirkan sebagai street bike memang sangat aplikatif untuk penggunaan sehari-hari. Malah untuk postur tubuh orang Asia, Brutale bisa dikendalikan dan cukup jinak. Walau tenaga mesin tiga silinder bawaannya tidak bisa dianggap main-main.

MV Agusta Brutale 800 k

Kami ajak berjalan-jalan seputar Jakarta Selatan di sore hari yang padat, Brutale yang hanya berbobot 167kg ini betul-betul gesit. Tarikan responsif, tapi jangan telalu bernafsu untuk memuntir gas, salah-salah Anda bisa kelabakan menjinakkan ledakan tenaganya. Apalagi sistem putaran gas throttle by wire miliknya yang tentu saja sensitif oleh gerakan tangan kanan Anda.

MV Agusta Brutale 800 c

Mesin tiga silinder miliknya memang menjadi hal yang spesial buat kami. Ini memiliki arti, tak se liar mesin dua silinder, namun tak terlalu halus dan berat seperti mesin empat silinder. Selain itu, karakter suara yang dihasilkan mesin tiga silinder benar-benar unik. Malah dengan knalpot racing full system yang kebetulan disematkan pada unit yang kami coba. Saat dipuntir gas nya menghasilkan suara seperti Lamborghini, kami tak melebih-lebihkan lho.

MV Agusta Brutale 800 f

FYI: mesin 800cc bawaan Brutale tenaga dan torsinya sudah sebanding dengan 1.000cc. Rasio tenaga dan bobot tubuh tentu saja jadi kunci besarnya tenaga. Mesin tiga silinder yang memulai debutnya pada supersport F3 675 adalah sebagai dasar bagi kemajuan teknologi di kelasnya, temuan barunya adalah counter -rotating crankshaft  yang digunakan di MotoGP.

MV Agusta Brutale 800 e

Sebuah paket elektronik canggih diandalkan MV Agusta pada setiap unti terbaru mereka. Ya MVICS ( Motor & Vehicle Integrated Control System ). Sebuah sistem manajemen terpadu yang mengatur semua kinerja mesin secara full ride by wire. Mulai dari pengaturan tenaga mesin hingga kontrol traksi . Semua ini dirancang untuk menciptakan tenaga, efisiensi bahan bakar, kestabilan dan turunannya. Kelincahan Brutale 800 juga didukung oleh suspensi adjustable baru yang memungkinkan pengendara memilih sesuai selera dan kondisi jalan yang dihadapi.

MV Agusta Brutale 800 b

Frame diracik dengan struktur campuran unik. Bagian depan baja teralis tabung dikombinasikan dengan plat paduan aluminium. Kemudian suspensi single arm di bagian belakangnya yang terlihat canggih dan bernilai seni tinggi benar-benar menjadikan MV Agusta Brutale 800 ini sangat stabil.

MV Agusta Brutale 800 m

Well, kecilnya dimensi didukung stabilitas prima serta tenaga yang responsif. Tentu saja membuat sepeda motor ini multi fungsi. Yang jelas, untuk dikendarai untuk kebutuhan harian masih tetap bisa diandalkan.