Ibarat seorang wanita cantik, mobil juga melakukan perawatan yang optimal agar terlihat mengesankan. Sekadar perawatan mencuci mobil dengan rutin rupanya belum cukup di masa sekarang. Pasalnya debu dan polusi udara yang semakin tinggi di zaman sekarang, secara perlahan tapi pasti menggores lapisan pada cat mobil.

Banyak yang bilang, dengan memoles kendaraan atau setidaknya melapisi permukaan cat dengan wax sehabis mencuci mobil sudah cukup memberikan proteksi pada permukaan cat mobil. Nyatanya hal tersebut masih belum cukup optimal melindungi permukaan cat mobil.

Belakangan ini marak yang namanya Nano Ceramic Coating. Ini adalah sebuah perlakuan pamungkas untuk melindungi permukaan cat mobil karena cairan dari Nano Ceramic ini mampu meresap kedalam pori-pori cat mobil, sehingga dapat menyatu ketika diaplikasikan ke permukaan cat mobil.

Memang bukan tanpa alasan mengapa bisnis ini kian berkembang di masa sekarang. Tingginya kepedulian pemilik mobil menjaga tampilan mobilnya agar tetap kinclong, menjadi salah alasan bisnis ini tumbuh di Indonesia.

Seperti salah satunya HD Car Care. Sama seperti bengkel-bengkel detailing lain, HD Car Care hadir atas tingginya permintaan dari konsumen untuk melakukan perawatan pada cat mobilnya agar selalu kinclong dan bertahan lama.

Salah satu layanan yang dimiliki adalah pelapisan lapisan cat mobil dengan teknologi nano yang mereka sebut dengan Nano Cramic. Teknologi nano yang dimaksud adalah aplikasi cairan yang yang dapat menyerap hingga pori-pori terkecil lapisan permukaan cat. Maka ketika cairan Ceramic sudah diaplikasikan ke mobil, mobil kita akan mempunyai lapisan pelindung baru diatas pernis serta merubah tampilan yang dulunya kusam menjadi terlihat seperti baru lagi.

Setelah pengaplikasian Nano Cramic, cat akan mendapatkan effect hydrophobic atau efek daun talas. Dimana lapisan permukaan cat akan menolak molekul air, sehingga saat kendaraan sedang diam pun air akan selalu mengapir ke sisi yang lebih rendah.

Proteksinya pun bersifat jangka panjang. Bila melakukan pengerjaan di HD Car Care yang kini punya dua lokasi di Cibubur dan Cirebon dengan Nano Cramic-nya, konsumen bakal dapat perlindungan hingga tiga tahun. Proteksi lain dari pengaplikasian ini adalah perlindungan lapisan cat dari goresan. Goresan yang dimaksud adalah debu, kerikil, batu dan efek swirl akibat salah proses pengelapan pasca pencucian. Proteksi dari natural acid atau air hujan atau kotoran burung, getah dan air tanah pun tidak akan meninggalkan jamur, menurut klaim dari HD Car Care.

Sebaliknya, ada kelebihan pasti ada kekurangan. pertama untuk proses terbilang cukup lama, bisa memakan waktu pengerjaan hingga satu hari penuh, oleh sebab itu mengapa disebut pengerjaan detailing. Kedua dari sisi harga, proses ini memang memerlukan biaya yang cukup besar, namun sebanding dengan proteksi yang didapat hingga tiga thun kedepan. Terakhir adalah human eror, bila salah penerapan Nano Creamic, bisa mengakibatkan belang, oleh karenanya diperlukan pekerja yang profesional dan terlatih.

Tertarik menjaga kilau cat hingga tiga tahun kedepan?