P90052189

Perjalanan panjang telah ditempuh BMW seri X yang memarakkan segmen Sport UV dunia. Semuanya berawal dari 15 tahun lalu saat BMW E53 muncul, yang kelak lebih akrab dengan sapaan X5. Kala itu, hadirnya E53 menuai banyak kontroversi. Ini adalah kali pertama BMW memasuki ranah SUV dengan gayanya sendiri yang tentu saja membuat sebagian kecil fans sejatinya secara perlahan mulai beranjak menjauh.

Meski begitu hal ini dianggap sebagai langkah jitu. Sebagai gantinya banyak pembeli baru yang tertarik melirik BMW. Malahan, mobil tersebut dianggap sebagai tonggak perubahan dalam perkembangan dunia otomotif ke depan. Secara “fashion”, mobil tersebut keluar dari pakem Munich dengan racikan tersendiri. Melalui tujuan khusus, dunia Sport UV pun ditinggalkan dan menciptakan ranahnya sendiri. X5 berubah menjadi Sport Activity Vehicle (SAV) pertama di dunia.

Selama bertahun-tahun, beragam model dalam keluarga seri X tumbuh secara konsisten berkat kesuksesan X5. Di 2004, BMW X3 muncul sebagai alternatif sang original. Sebuah model yang lebih kecil, ditujukan untuk mereka yang menginginkan sebuah kendaraan tinggi namun tidak memerlukan badan yang besar.

Kembali, kesuksesan pun terulang. Penjualan melejit melebihi ekspektasi di Jerman. X3 malah menjadi awal XDrive diperkenalkan, sebuah sistem AWD terpadu yang mengendalikan beragam cakram kopling secara elektronik.

Kisah pun kembali bergulir di 2006. Setelah 7 tahun berlalu lepas debut model X pertama, BMW mengenalkan E70 X5. Sebuah model baru dengan tampang pembunuh. Hingga kini bagi para antusias, model ini dianggap sebagai penampil terbaik di line up X.

Namun BMW masih belum puas. X5 pun mendapat adik baru dalam wujud E71 X6 yang keluar dua tahun kemudian. Malahan bahasa desain yang diusung semakin kontroversial dengan istilah Sport Activity Coupe. Ya, sebut saja SUV berbadan Coupe. Mobil ini sontak menuai kericuhan diantara para pecinta otomotif yang tidak pernah terpikirkan untuk hal seperti itu. Meski demikian lebih dari 250 ribu  unit terjual sepanjang 2008, menambah keyakinan pabrikan untuk membuat yang sama dan lebih kecil di 2014.

Kini, 15 tahun berselang, perjudian BMW dengan ranah SUV terbayar sudah. Setiap model baru ludes terjual di seluruh dunia. Mesin baru dan fitur opsional membuatnya menjadi yang terbaik di kelasnya dan masa depan seri X terjamin. Bicara soal kesuksesan tidak lengkap artinya tanpa angka-angka. Sejak X5 pertama kali diluncurkan, satu dari tiga mobil BMW yang terjual adalah seri X. Cukupkah menjadi jaminan?

Tenang… Kejutan-kejutan lain pastinya telah disiapkan oleh BMW untuk menyambut segmen basah yang semakin banyak dimasuki para pemain-pemain baru.