Dakar Rally 2019 telah usai. Di kategori mobil, Nasser Al-Attiyah dari tim Toyota Gazoo Racing Saudi Arabia menjadi kampiun dalam reli panjang ini.

Ini merupakan rekor dunia pertama kali bagi Toyota dalam menjuarai reli Dakar. Kendati demikian, dalam upayanya menjadi kampiun di Dakar Rally 2019 tidaklah mudah. Al-Attiyah bersama Toyota Hilux besutannya sempat mengalami beberapa kejadian seperti pecah ban yang sempat membuat posisinya melorot di klasemen.

Bagi Nasser Al-Attiyah, ini gelar ketiganya di Reli Dakar. Sebelumnya ia juara di 2011 bersama Volkswagen dan pada 2015 menggunakan mobil MINI.

Pria kelahiran, Doha, Qatar, 48 tahun lalu ini hanya memenangkan 3 tahapan dari 10 tahapan Reli Dakar 2019 yang berlangsung di Peru. Memimpin sejak hari pertama, posisi teratasnya di klasemen hanya sekali diambil rekan setimnya Giniel de Villiers pada tahapan kedua. Setelah itu Nasser Al-Attiyah terus jadi yang tercepat hingga di hari terakhir yang membuatnya meraih gelar ketiga.

Pada tahapan terakhir (stage 10) hari Kamis (17/1) di ibu kota Peru, Lima, Nasser Al-Attiyah main aman. Tidak mau ambil risiko, Nasser Al-Attiyah masuk finish di urutan ke-12. Hasil ini cukup nyaman baginya untuk tetap jadi yang teratas di daftar klasemen akhir.