Souvlaki merupakan kuliner orisinil Yunani yang patut dicicipi jika sempat melancong ke negeri para dewa. Terbuat dari daging ayam, kambing, atau sapi. Ada juga beberapa jenis yang menggunakan bahan dasar udang bahkan cumi. Sebagai gambaran, kurang lebih bentuknya menyerupai sate. Tetapi lebih “meriah” berkat kehadiran aneka ragam sayuran yang mendampingi.

Dihidangkan bersama kentang goreng, Souvlaki menjadi jajanan rakyat yang sudah pasti memuaskan. Tak sulit untuk mencarinya karena kedai-kedai penjual Souvlaki mudah dijumpai di sepanjang jalan-jalan utama kota Athena.

All-New-Daihatsu-Terios-11

Ketenaran jajanan rakyat Yunani ini mengingatkan kami pada sebuah produk Daihatsu yang berhasil menjadi fenomena mobil kelas low entry Sport Utility Vehicle (SUV) di Indonesia, yakni Daihatsu Terios. Alasannya, mobil ini berada dalam jangkauan daya beli orang banyak dan seperti Souvlaki : sudah pasti memuaskan.

Kebetulan juga nama “Terios” diambil dari bahasa Yunani yang berarti “your dreams come true” atau mimpi yang menjadi kenyataan. SUV yang diperkenalkan perdana PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada tahun 2006 silam ini memanglah membawa ciri-ciri sosok mobil impian konsumen Indonesia.

All-New-Daihatsu-Terios-11

Keputusan pihak Daihatsu menghadirkan Terios di Indonesia didasari alasan kuat. Saat itu, pasar industri roda empat Tanah Air terlalu padat dengan jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) sehingga dianggap membatasi pilihan masyarakat.

Melihat adanya celah, grup Astra langsung menelurkan Terios dan Rush yang dibuat dengan menggunakan basis sejenis. Perlahan namun pasti, gdominasi mobil MPV di Indonesia pun mulai terlihat dan membuat konsumen punya banyak pilihan.

All-New-Daihatsu-Terios-11

Apalagi, Terios yang dihadirkan ADM memiliki kapasitas 7-penumpang. Dengan dimensi sebesar mobil MPV kebanyakan, Terios tetap dapat memfasilitasi banyak orang layaknya mobil keluarga. Formula klasik yang membuat Terios langsung berkontribusi banyak. Dan sejak satu dekade terakhir telah menjadi backboneDaihatsu.

Namanya pun tetap eksis hingga saat ini. Agar terkesan long lasting, Daihatsu telah melakukan tiga kali facelift pada TeriosTercatat, perubahan minor pertama dilakukan ADM pada tahun 2010. Kemudian pada Agustus 2013, produsen asal Jepang itu menghadirkan facelift yang kedua.

All-New-Daihatsu-Terios-11

Terakhir, Maret 2015 lalu Daihatsu memperkenalkan Terios generasi keempat. Berbekal penambahan fitur dan tetap mempertahankan keunggulan dari model – model sebelumnya, jadilah Terios memiliki tempat di hati para konsumen SUV tanah air. Apalagi, model terbaru dianggap memiliki struktur rangka paling kuat serta diimbangi redaman suspensi yang membaik.

ADM selalu menggadang Terios sebagai sahabat petualang. Penasaran dengan perubahan yang dilakukan Daihatsu pada Terios terbarunya, sepucuk surat peminjaman langsung kami layangkan pada pihak ADM.  Kesempatan TheGaspol untuk mencicipinya pun tiba di penghujung tahun 2015.

All-New-Daihatsu-Terios-11

Hal pertama yang terbesit ketika seunit Terios tipe Adventure hadir di hadapan kami :  mobil ini tampil lebih futuristik. Apalagi kami mendapatkan kesempatan mencoba varian tertinggi yang sudah dilengkapi fitur keselamatan mutakhir dan model eksterior lebih sedap dipandang. Dikarenakan penggunaan grille dan bumper desain baru yang sudah dipermanis fog lamp.

Beberapa kali kami menyaksikan promosi Daihatsu begitu mengekplorasi keunggulan Terios terbaru. Mobil ini diskenariokan menghempas berbagai kondisi jalan. Lewat tayangan Terios 7 Wonders, kami pun telah mengintip beragam kemampuan yang dihadirkan generasi teranyar Terios.

All-New-Daihatsu-Terios-9

Apalagi laporan yang kami terima pada 2015, Terios telah terpilih sebagai Best Value SUV  oleh salah satu kantor berita otomotif nasional. Namun, kami tidak ingin hanya mendegar keunggulannya dari bahasa orang lain. Tanpa pikir panjang, kami langsung mengarahkan mobil ini ke tempat yang curam di kawasan Puncak, Bogor.

Bermodalkan mesin 1495 cc, rasanya mobil ini akan kewalahan jika dibawa melewati tanjakan terjal. Tapi tunggu dulu, kami masih merasa beruntung berkat tipe R Adventure telah dilengkapi transmisi otomatis 4-kecepatan. Kami hanya perlu memainkan pedal gas saat mobil melibas jalanan berkelok dan menanjak.

All-New-Daihatsu-Terios-3

Di dalam kabin, ADM lebih serius menghadirkan kenyamanan untuk para penumpangnya. Dimulai dengan tampilan baru dashboard, kini kehadirannya telah menggunakan cat berwarna hitam yang dapat menampilkan kesan elegan.

Material jok yang selama ini dikeluhkan para konsumen Terios terdahulu pun diperbaiki dengan desain baru dan busa yang lebih tebal. Sehingga para penumpang dapat merasakan kenyamanan ekstra. Di sisi pengemudi, kami memberi acungan jempol pada meter cluster desain terbaru. Tampilannya lebih informatif namun tetap terkesan sporty.

All-New-Daihatsu-Terios-11

Asyik bermanuver di kawasan puncak, kami pun tetap merasa nyaman. Pasalnya, Daihatsu telah menghadirkan fitur keselamatan terbaru yang meliputi Dual SRS Airbag, ABS dan Side Impact Beam. Ada pula fitur terbaru seperti Window Jam Protection guna mengantisipasi kerusakan kaca ketika terbentur benda keras.

Berjalan – jalan seharian penuh menggunakan Terios R Adventure, kami menemukan kenikmatan berkendara yang sesungguhnya dari mobil SUV 7-penumpang. Meski nyatanya, kemampuan offroad Terios masin rata-rata. Namun secara keseluruhan, dengan segala perubahan yang dihadirkan pada generasi terbaru, rasanya para penumpang sudah mendapat kenyamanan yang dibutuhkan.

All-New-Daihatsu-Terios-11

Apalagi ditambah suspensi McPherson strut dengan per keong serta stabilizer di bagian depan. Juga 5 link rigid axle dengan per keong di bagian belakang yang meredam guncangan secara lebih baik dari model sebelumnya.Kami juga menyukai model velg baru yang digunakan New Terios, velg alloy berukuran 16 inci yang dibalut ban berdimensi 235/60. Sudah cukup untuk memfasilitasi kami di jalanan dengan kontur tidak rata.

Di Indonesia, nyatanya Terios dihadapkan dengan mobil – mobil berdimensi lebih kecil seperti Nissan Juke, Honda Hr-v dan Ford Ecosport. Keunggulan kabin yang lebih besar menjadi daya tarik tersendiri bagi Terios dibanding para pesaingnya. New Terios R Adventure yang kami coba dipasarkan ADM seharga Rp 243,2 juta.