Memasuki tahun 2019, sejumlah pemain utama industri roda empat Tanah Air tancap gas dengan melakukan peluncuran mobil-mobil baru. Produk yang keluar didominasi oleh mobil jenis low MPV (Multi Purpose Vehicle).

Hal ini dapat dijadikan salah satu patokan jenis mobil yang paling diincar oleh konsumen untuk beberapa waktu ke depan. Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengamini anggapan tersebut.

“Tergantung banyak mobil barunya (yang meluncur jenis apa). Kalau pemain besarnya banyak yang meluncurkan, itu bisa dongkrak pasar,” ucapnya, Rabu (27/2) di sela-sela kegiatan test drive New Honda Mobilio di Ancol, Jakarta Utara.

Untuk bermain di segmen ini, HPM melepas New Honda Mobilio yang memiliki wajah baru. Mobil tersebut menjadi andalan Honda untuk bersaing dengan Toyota Avanza, Daihatsu Zenia, Nissan Livina, dan Suzuki Ertiga yang semuanya sama-sama menyapa publik dengan membawa sentuhan baru awal tahun ini.

Khusus New Honda Mobilio kini hadir dengan proyektor LED dilengkapi juga Daytime Running Light (DRL), desain pelek 15 inci lebih sporti, spoiler di sekeliling bodi, dan head unit 6,2 inci touchscreen.

Selain low MPV, Jonfis juga menyebut low SUV (Sport Utility Vehicle) dan LCGC (Low Cost Green Car) adalah jenis-jenis mobil yang masih jadi incaran konsumen tahun ini.

“Peluncuran mobil barunya masih banyak di LSUV dan LMPV, masih di sana. Dan Brio sudah tahun lalu. Di mana trennya mungkin LCGC juga masih continue,” ungkap Jonfis.