Isuzu-MUX

Pabrikan roda empat yang pertama kali berdiri di Jepang pada 1937, Isuzu, memang terbilang cukup sukses melenggangkan ragam kendaraan komersial dan menjadi salah satu perusahaan pengembang mesin diesel  terkemuka di dunia. Dan hingga saat ini, pabrikan ber-slogan ‘Rajanya Diesel’ ini telah membuktikan keberhasilannya bermain di kelas truk, SUV, double-cabin, dan mini-bus di pasar otomotif global. But, wait, akankah Isuzu mampu menciptakan model SUV berkelas premium sebagai penantang Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, dan Chevrolet Trail Blazer?

2014_isuzu_mu_x_overseas_01_1-1031

Tak perlu menunggu lama. Tepat di hari ini, di Indonesia, tantangan tersebut terjawab sudah. Ya, Isuzu kembali meluncurkan jenis Sport Utility Vehicles (SUV) 7-seater, bukan Panther, yang digadang siap untuk ber-‘adu panco’ dengan para kompetitor-nya di tanah air. New Isuzu MU-X 2014. Ya, salah satu model kendaraan diesel mewah ini akhirnya hadir, membawa tiga pilihan trim berikut dua versi transmisi yang cukup menarik. Lantas, apa keistimewaan-nya sehingga SUV ini bisa optimis melibas trek pasar Fortuner, Pajero Sport dan Trail Blazer di tanah air?

isuzu-launches-new-mu-x-suv-video-photo-gallery_6

Pihak Isuzu-Astra Indonesia mengklaim, meski tenaga dari SUV premium seharga Rp. 425 juta (OTR Jabodetabek) ini memang sedikit lebih rendah ketimbang Pajero Sport Dakkar, yaitu 177HP @3.600rpm, namun ia punya torsi dari mesin turbo-diesel 3,0liter yang lebih buas, di angka 380Nm. Selain itu, New Isuzu MU-X 2014 ini punya konsumsi bahan bakar berstandar Euro 4 dan diklaim paling irit di kelasnya. Yaitu, 8,2liter/100km untuk varian mesin 4×2 dan 8,4liter/100km di konsumsi BBM mesin 4×4.

maxresdefault

Dan uniknya, walau terbilang murah, seri MU-X terbaru yang tersedia dalam corak Titanium Silver, Black Mica, Fjord Blue, Outback Bronze dan Silky White Pearl juga White ini juga menyediakan dua pilihan penggerak roda, yaitu 4×4 dan 4×2 lengkap dengan fitur teknologi canggih yang berbeda-beda. Seperti model 4WD, varian dari SUV terbaru ini sudah dilengkapi dengan fitur Intelligent Traction Control system berikut Electronic Stability Control (ESC) yang cukup membantu para pengemudi-nya untuk mendapatkan kenyamanan maksimal di segala medan.

2014_isuzu_mu_x_overseas_03-1031

Keistimewaan lain ada di platform kendaraan ini, yang digadang berbeda dari sebelumnya dan sudah dikembangkan dengan menggunakan sistem suspensi independent double wishbone (bagian deoan) plus konfigurasi Five-link (belakang). Tak hanya itu, SUV premium ala Isuzu ini juga menyugguhkan kenyamanan bagi para adventurer dengan mengaplikasikan jarak ground clearance ideal, diangka 230mm.