PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) memulai pembangunan pabrik baru yang akan memproduksi mesin dan transmisi di Indonesia. Seremoni peletakan batu pertama dilakukan di lokasi yang berada dalam area pabrik NMI yang sudah ada sebelumnya di Purwakarta.

Kehadiran pabrik baru dengan tambahan investasi 3,4 milyar yen ini merefleksikan komitmen Nissan terhadap pasar Indonesia.

Pabrik baru ini akan dibangun di atas lahan seluas 3.000 m2, dan nantinya akan diisi dengan line produksi engine machining, yang nantinya memungkinkan NMI untuk memproduksi mesin dan transmisi secara lokal.

Total kapasitas produksi dari pabrik ini akan mencapai 96.000 unit per tahun. Rencananya, pabrik akan mulai beroperasi pada September 2017 mendatang.

Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia, Antonio Zara menyebutkan Indonesia merupakan salah satu pasar strategis bagi Nissan secara global. Investasi ini menjadi bagian penting dari strategi pertumbuhan perusahaan kami.

“Nissan sudah memulai investasi di Indonesia sejak tahun 2001. Pabrik baru ini menjadi langkah konkret kami untuk menegaskan kembali komitmen jangka panjang kami di Indonesia,” tambah pria yang akrab dipanggil Toti ini.

Dengan adanya pabrik baru ini, Nissan yakin akan mampu memberikan produk terbaik yang sesuai dengan standar sistem produksi. Direncanakan pabrik ini akan melakukan produksi pada mesin dan transmisi berkualitas tinggi sehingga Nissan dapat menghadirkan produk terbaiknya dengan harga yang kian terjangkau bagi konsumen Indonesia.