Nissan March Facelift

“Ini March baru ya? Bedanya apa dengan yang sebelumnya?” Tentu ini menjadi pertanyaan standart bagi brand manapun yang tentu saja hanya melakukan minor change alias facelift.

Nissan March Facelift 1

Well, akhirnya dengan sedikit gaya salesman kami jelaskan sedikit apa bedanya. Kalau dilihat dari segi eksterior, secara bodi memang tak berubah. Tapi bumper, grill, bentuk lampu dan desain foglamp tentu saja jauh dari versi sebelumnya yang sudah berusia tiga tahun di tanah air. Di bagian belakang nampak terlihat perbedaan pada lampu LED yang tentu lebih menarik dipandang serta memancarkan kesan modern.

Nissan March Facelift 4

“Interiornya berubah enggak sih?” Tanya salah satu mahasiswi bernama Jessica yang kuliah di Binus. Ya tentu saja ada, walau aura hitam dan abu-abu nya masih dominan. Namun di bagian dashboard nampak jelas bedanya. Bagian tengah dashboard panel instrumentnya sudah jauh berbeda. Yang dulunya hanya sekadar audio biasa saja, kini lebih memanjakan pengemudi dengan MID (Multi Information Display) menampilkan jarak tempuh, konsumsi BBM, pengingat ulang tahun atau tanggal penting.

Nissan March Facelift 5

Lubang pendingin udara yang sebelumnya berbentuk lingkaran sebanyak empat buah. Kini yang di bagian tengah tak lagi ada, gantinya karena lubang itu bentuknya sudah persegi. Dan ada hal baru lagi, sekarang di kursi pengemudi sudah tersedia arm rest yang bener-benar menandakan mobil ini adalah driver car, dimana pengemudi sangat dimanjakan. Begitupun dengan fasilitas tombol audio yang ada di lingkar kemudi. Tentu saja makin mudah mengganti frekuensi radio sambil menyetir.

Nissan March Facelift 6

“Mesinnya ganti apa enggak?” Nah, ada pertanyaan yang agak berbobot nih. Versi terbaru yang hadir di penghujung 2013, mengeluarkan mesin baru yang lebih besar. Ya, 1500cc, meneruskan versi 1200cc yang sudah tiga tahun hadir di tanah air. Namun demikian mesin 1200cc nya masih dipertahankan hingga saat ini, dengan alas an tentu saja agar masih dapat menyerap pasar bawah dengan harga yang terjangkau.

Nissan March Facelift 3

Menurut pihak Nissan kenapa mereka menelurkan versi 1500cc, “Karena tak ingin bersinggungan dengan mobil-mobil LCGC yang menggunakan mesin 1,0 dan 1,2-liter. Sebab di segmen LCGC NMI akan menggunakan emblem Datsun.

Nissan March Facelift 2

Lalu apa kata mereka tentang kemampuan Nissan March baru ini dalam melahap aspal? Sebagai kisi-kisi, March berdimensi compact dengan panjang 3780mm, lebar 1665mm serta tinggi 1525mm dengan wheelbase 2440mm. Radius putar 4,5 meter.

IMG_1037_resize

“Asik sih, mobilnya simple, buat perkotaan paling cocok sih dan lincah untuk menembus jalanan perkotaan yang macet. Untuk menghidupkan mesin cukup menekan tombol start-stop, tanpa memuntir anak kunci layaknya mobil-mobil masa kini.”

IMG_1077_resize

Hmmm.. mungkin mereka juga tak terlalu memperhatikan perbedaan mesin berkode HR15DE berkapasitas 1,5-liter bertenaga 100 hp pada 6000 rpm dengan torsi 148 Nm pada 4400 rpm. Untuk meliuk-liuk dan overtaking pasti sudah tak terengah-engah.

Nissan March Facelift 7

“Eh apa ini VDC?” Tanya Gian sang pengemudi agak penasaran. Nah, Vehicle Dynamic Control (VDC) itu yang membuat mobil ini stabil. Meski bertubuh kecil stabilitasnya sangat terasa. Macam ESP (Electronic Stability Control) yang ada di mobil-mobil mahal lah. Peranti ini juga mampu menolong pengemudi ketika bermanuver cepat untuk meliuk-liuk. “Simpel sih, buat perempuan yang gak suka ribet March kayaknya cocok, apalagi ada sensor parkir yang jelas bikin kita lebih memudahkan kita” tambah Gian

FYI: March terbaru ini dibekali rem ABS dengan EBD dan BA yang membuat pengereman menjadi lebih presisi. Keselamatan pengemudi dan penumpang juga terjamin dengan adanya dua airbag di depan.

Nissan March Facelift 11

Kesimpulan
: Ini mobil perempuan, yang tidak suka ribet-ribet. Mudah dikemudikan, ringkas dalam parkir dan meliuk di kepadatan kota. Fitur modern melimpah. Harga? Masih wajar untuk Rp 191 juta pada tipe XS A/T yang kami coba. Dari sekian banyak pendapat yang kami himpun dari hasil kongkow sana sini, March lebih banyak respon dari wanita usia muda. Keren dan cute sih, namun enggak tahu kenapa yang laki-laki melihatnya biasa saja.