Barangkali Anda pernah mengalami saat berkendara dengan Nissan Livina terbaru, mesin gagal menyala atau tiba-tiba saja mesin berhenti bekerja sehingga kendaraan tidak dapat beroperasi atau ‘mogok’? Hal tersebut diklaim PT Nissan Motor Indonesia (NMI) sebagai kegagalan atau malfungsi dari perangkat pompa bensin (fuel pump). Permasalahan serupa juga dialami oleh para pemilik Mitsubishi Xpander yang masih satu jalur produksi di fasilitas perakitan Mitsubishi Motors di Cikarang, Bekasi.

Atas permasalahan tersebut, Nissan langsung mengadakan kampanye perbaikan atau recall terhadap seluruh unit All New Nissan Livina yang diproduksi terhitung mulai 22 Februari 2019 sampai dengan 24 Agustus 2019. Menurut Nissan, ada sekitar 9.314 unit yang terdampak seluruhnya berada di Indonesia.

Menurut Nissan, mekanis turbin di dalam pompa bensin yang terbuat dari material resin disinyalir dapat membesar setelah masa pemakaian yang cukup panjang sehingga membuat pompa bensin berhenti berputar. Hal tersebut membuat mesin tidak dapat hidup atau berhenti bekerja karena suplai bahan bakar dari tanki ke injektor terganggu.

Terkait permasalahan ini, Nissan akan menghubungi pemilik kendaraan yang terdampak mulai hari ini, agar pelanggan dapat segera melakukan pemeriksaan kendaraan dan penggantian pompa bensin di seluruh diler resmi Nissan tanpa dipungut biaya.

Program recall ini menunjukkan komitmen Nissan dalam memastikan keselamatan, pelayanan, dan kepuasan para pelanggan. Nissan tidak mendapatkan laporan akan terjadinya insiden fatal di Indonesia terkait dengan hal ini.

Pelanggan juga dapat mengunjungi www.nissan.co.id untuk mengecek apakah kendaraan miliknya terdampak atau tidak.