Momentum Tokyo Motor Show 2017 menjadi ajang yang paling tepat untuk para pabrikan Jepang dalam memperkenalkan hal baru ciptaannya. Di pameran otomotif Jepang terbesar yang diselenggarakan di tahun ke-45 ini, Nissan tak hanya menampilkan debut mobil konsep, namun juga memberi kejutan pada pengunjung dengan memperkenalkan “Canto”, suara masa depan mobil listrik Nissan.

Canto berasal dari bahasa Latin yang berarti “Aku menyanyi”. Berbagai jenis suara dan nada akan beragam, sesuai dengan akselerasi, deselerasi atau saat kendaraan berjalan mundur. Suara tersebut akan diaktivasikan pada kecepatan 20-30 km/jam, tergantung kebutuhan di beragam kondisi lalu lintas.

Nissan menciptakan “Canto” dengan tujuan untuk membangun kewaspadaan sebagai sebuah prioritas. Desain tersebut juga ditujukan untuk memperkaya indera pendengaran di sekeliling jalan kota melalui keunikan Nissan. Tingkat suaranya akan terdengar jelas, tanpa mengganggu pejalan kaki, warga dan penumpang.

Nissan menjadi pelopor untuk kendaraan bersuara sejak 2010, melalui sistem “Approaching Vehicle Sound for Pedestrians” – sebuah sistem yang menghasilkan suara peringatan bagi pejalan kaki, sehingga mereka mengetahui bahwa ada mobil yang mendekat di sekitarnya.

Daniele Schillaci, Executive Vice President Nissan Motor Co., Ltd., untuk Global Marketing dan Sales, Zero-Emission Vehicles dan Battery Busines mengatakan, elemen penting Nissan Intelligent Mobility adalah bagaimana kendaraan terintergrasi dengan lingkungan sekitar. Komponen paling krusial adalah sebuah suara berenergi dan lantang dan menjadi ciri khas merek yang menunjukkan keunikan posisi kami di antara mobil-mobil listrik lainnya.

Nissan Intelligent Mobility merupakan pendekatan yang dilakukan Nissan untuk mengubah bagaimana mobil dikendarai, ditenagai dan terhubung dengan lingkungan sekitar. Pendekatan tersebut salah satunya adalah suara ‘Canto’ yang dirancang khusus untuk menjaga keamanan para pejalan kaki, termasuk juga memberikan suara khas Nissan.