Nissan Skyline endless

Para pecinta kecepatan pastinya tak asing dengan mobil keluaran produsen kendaraan asal negeri sakura, Nissan. Lahir dengan embel-embel kode GT-R di belakang namanya dan jatuh ketangan Sugino-san sang tuner ternama dari bengkel Endless, membuat Nissan Skyline dengan kode bodi R32 ini memiliki ‘tenaga lebih’ dibanding Skyline varian lainnya.

Nissan Skyline endless

Sebagai ‘Kakak’ tertua dikalangan Nissan GT-R, mobil ini dipercaya oleh Sugino-San masih memiliki daya tarik tersendiri meskipun belakangan Nissan telah meluncurkan varian Nissan R35 GT-R yang lebih aerodinamis serta memiliki mesin yang cukup diperhitungkan.

Nissan Skyline endless

Melihat sekilas mobil hasil tuningan dari bengkel drag ternama di Jepang, Endless ini cukup simple. Mulai dari eksterior mobil Nissan Skyline R32 ini menggunakan bodykit keluaran Endless mencakup carbon fibre bonnet, Endless FRP lightweight door, dan front lip spoiler keluaran Endless yang mampu menyembunyikan intercooler cukup besar dibalik bempernya.

Nissan Skyline endless

Tak sampai disitu pemilihan spion aerodinamis juga menjadi pertimbangan sang tuner untuk mendapatkan hambatan angin yang semakin kecil. Bagian buritan juga mendapat perhatian lebih demi mereduksi bobot kendaraan, pilihan jatuh kepada Endless carbon fibre trunk yang dipadu dengan ducktail untuk mempercantik tampilan tunggangan. Taklupa disekujur body yang dilebur dengan warna dark grey ini diberikan striping bertuliskan Endless.
Nissan Skyline endless
Bergeser ke interior terlihat bucket seat keluaran Recaro berpadu dengan RH9 harnesses, serta roll cage 8 titik tersemat didalam mobil ini. Penggunaan bahan karbon pun tampak di bagian konsol tengah. Seperti tak mau ketinggalan produk keluaran GReddy pun tersemat dibeberapa titik seperti, GReddy boost, oil temp, oil press, exhaust temp, fuel press, dan control unit ikut terpasang didalam interior Nissan Skyline R32 ini. Mobil ini juga dilengkapi dengan Blitz turbo timer serta Holinger gear position indicator untuk memantau perpindahan persneling.
Nissan Skyline endless

Mengintip kebagian terpenting kendaraan ini yaitu mesin, mobil ini dibekali dengan mesin RB26 berkapasitas 2.6 liter. Ditangan Sugino-San mobil ini mengalami ‘pembedahan besar’ dibagian mesin. Sang tuner menggunakan produk keluaran Nismo berpadu dengan produk keluaran Endless untuk meningkatkan performa sang GT-R, mencakup Nismo N1 engine block, Endless custom 8L oil pan, Endless drag-spec exhaust manifolds, Endless intake manifold, Endless collector tank, Endless direct ignition system, dan Endless twin-tank oil catch system.

Nissan Skyline endless

Penggunaan perangkat lain pun diperlukan untuk project kali ini terliahat SUgino-San turut menanamkan HKS oil pump, N1 water pump, HKS forged & nickel coated pistons, HKS H-section connecting rods, fully balanced crankshaft, crank damper, HKS drag-spec metal head gasket, HKS camshafts, A’PEXi Drag SPL head system, Trust TD06SH turbochargers, Trust R-Type external wastegates, HKS racing-spec titanium exhaust system, Trust twin-entry 5-core intercooler,  Bosch Motorsport external fuel pumps,  braided fuel and return lines, Sard FPR, Trust billet fuel rail, Sard injectors, Trust oil cooler, Nitrous Express nitrous oxide injection, HKS F-CON V Pro ECU.

Nissan Skyline endless

Dengan perubahan yang cukup extreme tersebut tenaga dari Nissan Skyline R32 GT-R ini melonjak hingga mencapai 1170 dk dengan torsi maksimum 1030 Nm, tenaga besar tersebut disalurkan menggunakan Holinger 6speed squential transmissions, yang sanggup membuat mobil ini melaju 201 meter dalam 9.013 detik dengan kecepatan 274km/h.