Sebuah konsep selalu menarik untuk disimak. Terlebih lagi bila konsep tersebut menunjukan pandangan mereka akan bahasa desain masa depan. Sama halnya seperti Kia Novo, sebuah konsep terbaru yang dikeluarkan pabrikan Korea, Kia dia ajang bergengsi tanah airnya, Seoul Motor Show 2015.

Novo yang diambil dari bahasa latin novatus berasal dari induk kata inovasi, atau membuat semuanya baru. Setidaknya itulah dasar yang bisa dipegang kala melihat desain terbaru Novo.

Novo mengambil rupa mobil empat pintu namun dengan suicide door yang membuatnya terlihat seperti sebuah coupe. Garis atapnya rendah dengan overhang depan dan belakang yang pendek menyuguhan kesan yang sporti.
Muka depannya seakan mengingatkan kepada bentuk Optima 2016 namun lebih futuristis. Seperti mengalami evolusi, “tiger nose” khas Kia kini diapit oleh headlamp tipis dan sepasang masukan udara yang berotot. Membuat sebuah nuansa yang arogan nan maskulin untuk sebuah Novo.

Sejatinya, bila menengok keseluruhan konsep, tidak ada yang spesial selain dari penampilan. Mesinnya masih empat-silinder dengan turbo berkapasitas 1.6-liter dan interiornya menggunakan layar sentuh “Blind control” yang memungkinkan pengendara sanggup melaju tanpa harus melepaskan matanya dari jalan.
Meski tidak ada berita yang pasti tentang kelanjutan Novo menjadi sebuah konsep produksi namun bisa dipastikan bila inilah panduan mereka dalam meracik sebuah tatanan baru bahasa desain Kia di masa depan.