Malaysia Rally Championship 2018 seri perdana yang sedianya akan digelar pada April lalu, terpaksa ditunda menjadi 20-22 Juli mendatang terkait adanya Pemilihan Umum (election) di negeri Jiran. Pembalap Indonesia, Julian Johan dengan navigator Recky Susanto akan memulai debut internasionalnya di reli mancanegara di kejuaraan reli Malaysia tersebut.

Jelang hari H, berbagai persiapan sudah dilakukan dengan matang oleh duet pembalap tanah air tersebut. Menggandeng tim One Motorsport dengan besutan Proton Satria Neo 1.6 liter, keduanya telah siap tampil di gelaran pembuka Malaysia Rally Championship 2018.

“Tahun ini kita kembangkan sayap ke Indonesia dan rekrut Johan Julian masuk dalam tim kita dan InsyaAllah akan membuahkan hasil yang baik buat tim One Motorsport,” kata Tim Principal One Motorsport Malaysia, Ridwan Rasyid,” di Jakarta April lalu.

Sementara itu, ditempat terpisah Julian Johan atau Jeje menjelaskan, Malaysian Rally Championship 2018 ini akan terdiri dari empat putaran. Putaran perdana seharusnya digelar April ini. Tapi karena ada masa kampanye election, putaran pertama dimulai di bulan Juli dan akan berakhir di bulan Desember. Selanjutnya putaran kedua dan seterusnya akan berlangsung di Perlis, Johor dan Trengganu.

Ia menambahkan, meski ini event nasional Malaysia, tapi pembalap yang berpartisipasi berasal dari banyak negara seperti China, Vietnam dan lain lain. Dia juga memaparkan, reli Malaysian Rally Championship 2018 akan diwarnai 10 special stage (SS), dan balapan akan berlangsung dua hari, Sabtu dan Minggu di setiap serinya.

Sebelumnya, Julian Johan dan Recky Susanto diketahui lebih akrab dengan kompetisi balap jip speed offroad dengan besutan Jeep Grand Cherokee. Reli ini menjadi sebuah hal yang baru dalam dunia kompetisi balap mobil yang mereka tekuni. Berbagai cara dilakukan guna cepat beradaptasi dengan besutan baru.

“Tahun lalu saya sudah dua kali kesana ngevlog dan pelajari karakter treknya sekaligus kunjungi sahabat saya di sana yang jadi peserta. Saya ambil gambar dan saya jadikan vlog dan ternyata karakternya mirip dengan di Medan. saya juga belajar dari Youtube. Saya pelajari tim di Malaysia yang lain juga,” terang Jeje

Recky Susanto menambahkan, selama ini dia dan Julian akrab dengan speed offroad dengan mobil bertenaga besar dan berpenggerak 4×4 dengan trek pendek. Kini di reli, harus beradaptasi dengan trek panjang dengan kontur dan karakter bervariasi.

“Kita jadi harus bisa beradaptasi dengan karakter mobil kita karena selama ini kita akrabnya di speed offroad. Ada beberapa note dan feedback tim yang sudah kita dapatkan. support dari One Motorsport bagus sekali dan mereka fast respond ke kita,” ungkap Recky.

Well, good luck you both..