Setelah Google, Audi, Tesla dan Hyundai saling berlomba untuk membuat mobil tanpa awak, Jepang pun tidak ingin kalah. Baru-baru ini sebuah perusahaan Jepang bernama DeNA membuat sebuah proyeksi dengan mobil-mobil nirawak yang selesai di 2020, tepat saat Tokyo menjadi tempat perhelatan Olimpiade musim panas.

“Olimpiade adalah kesempatan baik Jepang untuk memperlihatkan teknologi kepada dunia. Apalagi jika robot taksi kita digunakan untuk transportasi para atlet dari tempat tinggal mereka ke tempat acara,” jelas Hiroshi Nakajima, General Manager Business Development DeNA dalam sebuah konferensi press di Tokyo, baru-baru ini.

Dalam pelaksanaan visinya, DeNA menggandeng ZMP Inc. Perusahaan ini sudah cukup dikenal karena mengembangkan robot-robot penolong seperti ASIMO. DeNA juga merupakan pemain lama di dunia teknologi dengan membuat jaringan sosial untuk mobile sejak 2006.

Dalam render awalnya, RoboCar yang dibuat ZMP merupakan versi retro dari Toyota Prius. Untuk model taksinya, dua perusahaan tersebut mencoba dengan minivan hybrid Estima dengan harapan dapat digunakan untuk layanan anak-anak sekolah dan para orang tua di  area pedesaan.