Hampir semua artikel yang membahas perlengkapan wajib saat riding memasukkan boot ke dalam daftarnya. Namun dengan rancangan yang kaku, banyak rider menunda niat untuk melengkapi diri dengan sepatu khusus naik motor. Tak perlu khawatir karena masih ada beberapa brand yang punya koleksi berdesain luwes sehingga “masuk” dengan dandanan sehari-hari.

ICON Truant CE Boots

ICON Truant CE Boots

Dalam katalog produk Icon, Truant disebut-sebut sebagai bot motor modern karena menggabungkan fungsi dan gaya. Bot ini tentunya dilengkapi pelindung ujung kaki dan tumit yang diperkuat menggunakan material besi. Bagian luarnya terdiri dari beberapa fitur, seperti kerangka kulit full-grain, tali semi tertutup, dan pegangan yang kokoh di bagian tengah untuk kemantapan pengoperasian persneling dan rem.

Sepatu-Riding

Alpinestars Monty Boots

Tampilan retronya seolah-olah menutupi sederet teknologi yang selalu Alpinestars sematkan pada setiap produk lansirannya. Sol Alpinestars Monty Boots dibuat tahan-oli dengan pola cengkraman baru. Pelindung ujung depan kaki dan tumit sudah barang tentu hadir. Namun yang jadi daya tarik utama adalah kulit full-grain bagian luar yang diberi efek vintage serta dibuat dengan metode pengerjaan tangan.

Sepatu-Riding

ICON Super Duty 4 Boots

Bot bergaya industrial dari Icon yang menggunakan kulit kelas atas. Kemantapan saat menggunakannya disokong oleh sabuk dengan kunci aluminium, sol anti selip, serta beberapa komponen yang terbuat dari besi. Daya tarik sepatu ini adalah enam buat titik di bagian atas yang berfungsi sebagai bantalan saat kaki melakukan kontak dengan footpeg.

Sepatu Riding

Dainese Street Biker Air Boots

Bot ini merupakan hasil eksperimen Dainese menerapkan desain a la jubah perang abad pertengahan dan masa Renaisans. Dibuat menggunakan bahan suade, sepatu ini belum dilengkapi macam-macam pelingdung seperti koleksi yang disebutkan sebelumnya. Maka penggunaannya hanya diperuntukkan sebagai bot riding ringan. Kendati begitu, perlindungan tetap hadir berkat bagian pergelangan kaki yang rigid.

Sepatu Riding

TCX X-Groove Gore-Tex Boots

Walau bentuknya terkesan ramping tapi bot ini sudah dilengkapi pelindung tumit serta ujung kaki. Bagian atasnya merupakan kombinasi material kulit serta gore-tex. Di samping beberapa fitur perlidungan lainnya, TCX X-Groove Gore-Tex sangat mengedepankan kenyamanan saat digunakan berjalan kaki. Kenyamanan itu dihadirkan oleh sol khusus, TCX Lifestyle Sole, yang mampu menjadi bantalan lembut saat pengguna berjalan kaki tapi juga stabil di atas footpegs.