Ferrari California T yang pernah diperkenalkan bulan Maret 2015 lalu di Dubai, merupakan sport car Ferrari bermesin depan V8 tercepat di dunia. Mobil ini dilengkapi dengan susunan tempat duduk 2+ dan yang terbaru, produsen asal Italia telah memperkenalkan opsi Handling Speciale (HS).

Para konsumen nampaknya sangat terkesan akan kombinasi ideal antara kinerja dan fleksibilitas California T yang telah menjadi tolak ukur dalam kelas Grand Tourer kelas atas. Kini para pemilik yang menginginkan pengalaman mengemudi lebih sporty, terutama pada rute-rute penuh tantangan dan berliku, dengan paket HS konsumen dapat memenuhi kebutuhan lainnya akan performa menyenangkan mengendarai Ferrari.

Pilihan Handling Speciale menawarkan rangkaian kalibrasi dan pengaturan spesifik yang menghadirkan kinerja ekstra, terutama pada mode Sport manettino. Solusi yang bisa didapat melalui pemesanan khusus ini menggabungkan pengaturan damper baru dan spring yang telah dimodifikasi sehingga membantu mobil menjadi lebih kaku. Walaupun secara marginal mengurangi kenyamanan berkendara, perpaduan ini dapat menciptakan hasil yang lebih sporty, terlebih lagi berkat suara mesin baru yang meningkat bersamaan dengan naiknya tingkat putaran mesin.

Sistem perpindahan gigi pada moda Sport ini pun telah dimodifikasi (dalam kendali otomatis maupun manual), sehingga menghasilkan perpindahan gigi yang lebih cepat dan sporty, baik saat dinaikkan maupun diturunkan.

Paket HS ini menawarkan per depan 16% lebih kaku dan per belakang 19% lebih kaku sehingga menghasilkan peningkatan kendali body yang signifikan berkat roll, dive, dan pitch yang lebih rendah.

Perbedaan pada moda Sportini diperjelas oleh penerapan strategi baru untuk damper magnetorheological SCM 3 yang memiliki kecepatan respon dan tingkat efisiensi yang lebih sempurna. F1-Trac juga telah ditingkatkan demi menjamin akselerasi yang lebih baik, khususnya pada saat mobil membelok di tikungan dan melewati permukaan jalan yang bergelombang.

Paket HS ini juga termasuk sistem exhaust baru serta peredam yang memiliki dua pipa primer dan geometris baru, dirancang untuk menghasilkan buangan exhaust yang bertambah secara progresif bersamaan dengan meningkatnya kecepatan mesin, disertai suara yang senantiasa menyesuaikan diri dengan ciri khas mobilsport.

Exhaust tersebut dirancang bersamaan dengan mesin dan perangkat lunak pengendali gearbox, yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja, respon yang lebih cepat, serta suara dan volume yang lebih sempurna ketika dikemudikan secara maksimal.

Nuansa berbeda yang dihasilkan oleh exhaust baru ini dapat dikenali seketika saat pengemudi menekan tombol Start, menghadirkan suara yang lebih kaya dan menggoda di setiap kecepatan dan kondisi mengemudi.

Pada tingkat estetisnya, beberapa elemen tertentu telah secara khusus dikedepankan guna memperlihatkan kinerja paket HS ini. Sejalan dengan hal tersebut, Ferrari tetap mempertahankan ciri khas California T yang elegan dan anggun, diantaranya dengan menghadirkan grille depan dalam balutan matte Grigio Ferro Met serta diffuser belakang yang dibuat dalam warna matte black yang sama dengan fence dantailpipe. Sebuah plakat di ruang kemudi juga ditambahkan untuk menandakan bahwa mobil tersebut memiliki paket tambahan HS.

Opsi baru ini akan diluncurkan secara resmi oleh Ferrari di Geneva International Motor Show yang terjadwal dihelat 13 Maret mendatang.