Toyota Yaris WRC dari tim Toyota Gazoo Racing yang dipiloti oleh Ott Tanak menjadi kampiun di reli Swedia, akhir pekan lalu. Ott Tanak berhasil menguasai keseluruhan 19 stage di lintasan bersalju tanpa perlawanan.

Di seri kedua World Rally Championship (WRC) Swedia lalu, Ott Tanak berhasil finish dengan jeda waktu 53,7 detik dengan runner up-nya, Esapekka Lappi yang menbesut Citroen C3 WRC. Di posisi ketiga, Thierry Neuville dengan Hyundai i20 WRC mengejar dengan selisih 56,7 detik dari Tanak.

Di akhir hari penyelenggaraan, Tanak masih terus menggeber maksimal mobilnya untuk memenangkan sesi Power Stage. Di sesi tersebut, Tanak berhasil finish 3,5 detik di depan Thierry Neuville.

Neuville sendiri baru tampil menyerang dan kencang di hari terakhir, namun tidak cukup untuk membawanya menantang Tanak dan Lappi, hingga akhirnya harus puas finish di posisi ketiga.

Berkat kemenangannya, Tanak kini mengambil alih puncak klasemen dengan koleksi 47 poin, diikuti oleh Neuville yang berjarak hanya 7 poin. Sementara Ogier yang menangkan seri pembuka di Monte Carlo lalu di posisi ketiga dengan raihan 31 poin.

Sementara di klasemen manufaktur, Toyota juga memimpin dengan total 58 poin dan hanya unggul 1 poin dari Hyundai di posisi kedua. Citroen dan M-Sport Ford menyusul kemudian dengan masing-masing 47 dan 30 poin.