Nissan Motor Co. Ltd, mengumumkan mengambil langkah tegas untuk menutup fasilitas produksinya di Indonesia. Hal ini dilakukan demi keberlanjutan bisnis perusahaan di tanah air.

Menutup pabriknya di Indonesia dan mengalihkan seluruh aktivitas produksi di Thailand sebagai basis ASEAN merupakan salah satu bentuk rasionalisasi perseroan dalam optimalisasi biaya produksi.

Dilansir dari halaman resmi Nissan Motor Corporation, ┬ádisampaikan oleh CEO Nissan, Makoto Uchida, rencana transformasi Nissan bertujuan untuk memastikan stabilitas pertumbuhan alih-alih ekspansi penjualan yang berlebihan. Kami sekarang akan berkonsentrasi pada kompetensi inti kami dan meningkatkan kualitas bisnis kami sambil mempertahankan disiplin fiskal dan fokus pada pendapatan bersih per unit untuk mencapai profitabilitas. Ini bertepatan dengan restorasi budaya yang didefinisikan “Nissan-ness” untuk era baru.

Terkait hal itu, Head of Communications PT Nissan Motor Indonesia Hana Maharani mengatakan, Nissan Motor Indonesia sudah mengumumkan penghentian produksi kendaraan di Indonesia pada Maret lalu. Menurut dia, hal itu merupakan bagian dari rencana optimisasi yang mencakup right sizing, optimasi produksi dan reorganisasi operasi bisnis.