Nama BMW dan Toyota kembali santer terdengar oleh publik lantaran terjadinya permasalahan pada produk terbarunya, Z4 dan Supra. Mobil yang cukup fenomenal kala peluncurannya tahun lalu ini harus menjalani pemeriksaan oleh masing-masing produsen akibat terkendala teknis.

BMW Z4 dan Toyota Supra terbaru merupakan mobil yang dibangun diatas platform yang sama. Pabrikan, baik BMW dan Toyota harus me-recall atau menarik unit-unit yang sudah berada di tangan konsumen untuk melakukan perbaikan pada sistem penyimpanan bahan bakarnya.

Permasalahan terjadi pada tanki penyimpanan bahan bakar akibat bagian sambungan pada materialnya yang kurang bagus. Menurut Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika Serikat (NHTSA), potensi yang membahayakan adalah saat tanki bahan bakar terisi penuh. Beban yang berat dari bahan bakar dan guncangan saat mobil berjalan membuat sambungan tersebut dapat terlepas.

Akibatnya, jika hal itu terjadi maka kendaraan akan mengalami kebocoran tanki yang dapat mengakibatkan kebakaran. Dalam skala kecil, saat bahan bakar terisi penuh, penumpang dan pengemudi di area kabin dapat menghirup bau dari bahan bakar yang bocor tersebut.

Menurut data yang dilansir oleh BMW dan Toyota, Z4 yang termasuk dalam penarikan diproduksi antara 26 Juni 2019 hingga 9 Juli 2020, dan sedangkan Toyota Supra yang dirakit dari 11 April 2019 hingga 16 Juli 2020.

Pemilik akan dihubungi oleh dealer resmi setempat untuk melakukan perbaikan dengan mengganti tangki bahan bakar secara gratis. Adapun bagi mereka yang memperbaiki mobilnya sendiri tidak akan mendapat penggantian.